Hagia Sophia

05 August 2023

Ilmuwan Temukan Sejumlah Virus yang Miliki Bentuk dan Rupa Unik

Foto: biorxiv.org

Para ilmuwan menemukan sejumlah virus yang memiliki bentuk dan rupa unik, sekilas bahkan terlihat seperti 'alien'. Virus-virus tersebut ditemukan di tanah hutan New England.

Sampel tanah dikumpulkan pada tahun 2019 dari hutan Harvard, kemudian dikirim ke Max Planck Institute di Jerman untuk diperiksa menggunakan mikroskop elektron. Mikroskop tersebut mampu memperbesar objek dengan menggunakan seberkas elektron.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, tanah dari hutan harvard itu penuh dengan virus yang lebarnya mencapai 635 nm.

Meski ukuran virus ini tergolong raksasa di dunia virus, namun masih ada virus lainnya yang lebih besar, bahkan memiliki lebar 1.500 nm. Juga, ukuran virus ini pun jauh lebih besar dari virus yang biasanya ditemukan manusia seperti COVID-19 yang berukuran 50-140 nm.

"Mikroskopi elektron transmisi, mengungkapkan keragaman partikel mirip virus yang mencengangkan. Hebatnya, kami menemukan bahwa beberapa ratus gram tanah hutan mengandung beragam jenis virus yang lebih banyak dibandingkan seluruh virus raksasa yang hingga kini terisolasi," tulis para peneliti kepada Liver Science.

virus raksasa Foto: biorxiv.org

Salah satu virus raksasa yang ditemukan peneliti memiliki anggota tubuh yang besar dan tersusun dalam pola simetris. Para peneliti menggambarkan virus ini seperti kura-kura.

Virus lain memiliki tabung panjang yang muncul di semua sisi, mengingatkan kita pada tokoh mitologi Yunani kuno, Medusa. Para ilmuwan pun menamai struktur ini "Gorgon", makhluk yang disebut Medusa dan dua saudara perempuannya.

Kategori virus lain terlihat seperti boneka Troll, karena terlihat memiliki potongan rambut yang berantakan dengan serat-serat yang berbeda panjangnya

Ada juga yang berbentuk seperti supernova, memiliki jalinan serat yang tebal di dekat cangkang kapsid, dan lapisan tebal sulur-sulur yang tersusun secara teratur di bagian luarnya.

"Apa yang kami temukan adalah keragaman bentuk baru yang belum pernah kami lihat sebelumnya," kata rekan penulis studi Matthias Fischer, ahli virologi di Max Planck Institute for Medical Research di Jerman.

"Saya berani bertaruh banyak dari mereka, jika bukan mayoritas, benar-benar baru dan penampakan pertama dari virus yang belum pernah kita lihat sebelumnya," imbuhnya lagi.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bikin Geger! Ilmuwan Temukan Virus Raksasa, Sekilas Bentuknya Mirip Alien"