Hagia Sophia

05 August 2023

Remaja Usia 16 Tahun Nikah dengan Wanita 41 Tahun, Ini Kata BKKBN

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/aydinmutlu)

Viral di media sosial kisah remaja 16 tahun bernama Kevin, menikahi Mariana yang usianya terpaut 25 tahun dengannya. Keduanya menikah di Desa Bekut, Kecamatan Tebas, pada Minggu (30/7/2023).

Awalnya, keduanya dekat saat Kevin dan keluarganya sering belanja sembako di warungnya. Sampai akhirnya, Kevin datang bersama orang tuanya untuk melamar Mariana seminggu sebelum hari pernikahannya.

"25 tahun bedanya. Dia 16, saya 41 tahun," kata Mariana, seperti yang dikutip dari detikSulsel, Kamis (3/7).

Menanggapi kasus ini, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto Wardoyo, SpOG, menjelaskan perlu adanya pemeriksaan masalah kejiwaan pada laki-laki 16 tahun tersebut. Mengingat, jarang sekali ada laki-laki yang jauh lebih muda bisa jatuh cinta dengan wanita yang jarak usianya sangat jauh.

"Jadi, kalau menurut saya sebetulnya ini perlu dipelajari suaminya itu dari cowoknya itu ada masalah nggak. (Seperti) masalah kejiwaannya itu ada nggak, karena jarang ya kalau orang biasa, laki-laki usia 16 atau 17 tahun untuk jatuh cinta sama ibu-ibu usia 41 tahun, kan jarang. Jadi, makanya jangan-jangan ada masalah, masalah kejiwaannya menurut saya perlu dicek juga," jelas dr Hasto saat dihubungi detikcom, Jumat (4/8/2023).

Ideal Usia untuk Menikah

dr Hasto mengungkapkan usia laki-laki untuk menikah minimal 25 tahun. Dengan harapan, si laki-laki sudah siap secara ekonomi dan mental, mengingat angka perceraian di Indonesia masih tinggi.

Selain itu, seorang laki-laki umumnya punya keinginan kuat untuk punya keturunan setelah menikah. Tapi, di kasus ini mungkin si laki-laki tidak mengerti soal risiko kehamilan di usia 30 tahun ke atas.

"Tapi, kalau dia kawin dengan perempuan usia 41 tahun, jangan-jangan dia nggak ngerti bahwa usia 41 tahun atau 35 tahun ke atas itu sudah risiko tinggi hamil," kata dr Hasto.

"Kalau perempuan sudah di atas 35 tahun, itu diharapkan untuk tidak hamil lagi karena kehamilannya berisiko. Ini jangan-jangan laki-laki nggak ngerti, kan biasanya laki-laki ingin punya anak," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "BKKBN Sentil Kasus Remaja 16 Tahun Nikahi Wanita Usia 41 di Kalbar"