Hagia Sophia

05 August 2023

Tips Agar Karang Gigi Bisa Hilang Sendiri Secara Alami

Foto: Shutterstock

Karang gigi (kalkulus/tartar) adalah zat yang mengeras yang berkembang dari plak gigi yang berkembang dari gula dan kuman makanan yang kita makan.

Di samping mengganggu penampilan, karang gigi yang menumpuk juga bisa menyebabkan pembengkakan dan pendarahan pada garis gusi.

Selain berkunjungan ke dokter gigi, sejatinya ada beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa dilakukan di rumah. Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Dikutip dari laman Healthline, menghilangkan karang gigi yaitu dengan menghentikan penumpukan plak. Berikut adalah cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa kamu coba.

1. Menyikat Gigi dengan Baik
Salah satu cara menghilangkan karang gigi yaitu dengan menjaga kebersihan mulut dengan baik. Caranya dengan menyikat gigi dengan metode yang benar.

American Dental Association (ADA) menyarankan untuk menyikat gigi 2 kali sehari (dua menit setiap kali), dengan pasta gigi berfluoride.

Berikut adalah cara menyikat gigi yang efektif:
  • Sapuan kuas harus pendek dan melingkar
  • Mulailah menyikat bagian belakang mulut dengan gigi geraham atas
  • Disarankan untuk menyikat permukaan depan dan belakang gigi atas
  • Ulangi langkah ini 1-3 kali pada gigi di rahang bawah.
2. Melakukan Flossing
Perlu kamu ketahui bahwa cara membersihkan karang gigi bisa jadi tidak efektif bila hanya dengan menggosok gigi saja.

ADA merekomendasikan untuk melakukan flossing sekali sehari. Flossing adalah praktik kebersihan mulut yang membantu membersihkan bagian gigi yang tidak dapat diakses dengan cepat, agar gigi bebas dari kuman dan bersih.

Flossing bertujuan untuk menghilangkan partikel dan plak makanan yang bersarang. Pasalnya, jika tidak dihilangkan, sisa partikel makanan dan plak akan menyebabkan bau mulut.

3. Menggunakan Obat Kumur
Setelah selesai flossing dan menyikat gigi, kamu bisa bilas mulut dengan obat kumur. Kebanyakan, obat kumur i mengandung fluoride yang menjamin gigi bebas plak.

Menurut ADA, obat kumur yang bisa melawan karang gigi dan plak adalah obat kumur yang mengandung bahan pelawan bakteri seperti cetylpyridinium, chlorhexidine, atau minyak esensial tertentu.

Namun perlu diperhatikan bagi penderita penyakit kuman ringan seperti radang gusi, sebaiknya kamu menghubungi penyedia layanan kesehatan yang mungkin akan meresepkan obat kumur antiseptik.

4. Mengkonsumsi Teh Hijau
Sebuah studi tahun 2016 bertajuk Green Tea (Camellia Sinensis): Chemistry and Oral Health oleh Zohaib Khurshid, dkk, dari King Faisal University, Al-Hafuf, Saudi Arabia, menemukan bahwa minum teh hijau bisa mengurangi jumlah bakteri di mulut, yang menyebabkan timbulnya karang gigi.

5. Menggosokkan Kulit Jeruk
Dilansir laman Access Dental Clinics, kandungan vitamin C dan sifat antimikroba dari kulit jeruk bisa mengatasi karang gigi tanpa harus pergi ke dokter gigi. Kamu bisa menggosokkan kulit jeruk langsung ke gusi selama dua menit.

6. Menggunakan Ekstrak Lidah Buaya
Lidah buaya memang dikenal dengan banyak manfaat kesehatannya, termasuk menghilangkan karang gigi.

Walaupun memang terasa pahit, namun ekstrak daun lidah buaya segar bisa kamu gosokkan ke gigi. Cara ini bisa mengurangi penumpukan karang gigi dan populasi bakteri di mulut.

7. Mengkonsumsi Jambu Biji
Daun dan buah jambu biji adalah agen anti plak yang kuat dan efektif untuk melawan pembentukan plak. Selain itu, mengkonsumsi jambu biji juga dapat membantu mengurangi pembengkakan gusi

8. Berkumur dengan Cuka Apel
Cuka sari apel membantu mengurangi penumpukan plak dan karang gigi. Cuka apel bekerja dalam memecah lapisan plak, yang melapisi enamel gigi dengan demineralisasi dengan bantuan asam asetat.

Sifat antimikroba dalam cuka sari apel juga mampu membunuh bakteri penyebab gigi berlubang dan bau mulut. Namun, jangan terlalu sering menggunakan cuka apel ya, karena bisa berisiko merusak enamel gigi, yang tidak dapat diperbaiki.

9. Oil Pulling dengan Minyak Kelapa
Oil pulling membantu meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan dengan menjaga lingkungan bebas kuman di mulut.

Dalam hal ini, minyak kelapa merupakan minyak sangat cocok untuk metode ini, karena memiliki sifat antiradang, antioksidan, dan antimikroba.

Teknik penarikan minyak (oil pulling) dapat mengurangi plak gigi hingga 50 % pada orang yang mengalami radang gusi.

Caranya dengan menempatkan minyak kelapa hangat di mulut, yang dilanjutkan dengan berkumur selama beberapa menit sebelum memuntahkannya.

10. Mengoleskan Soda Kue
Cara menghilangkan karang gigi dengan cepat bisa dengan menggunakan campuran baking soda dan tea tree essentials. Endapan karang gigi bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan abrasif ringan dari soda kue.

Bagaimana cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan karang gigi? Kamu perlu membentuk pasta dari baking soda, lalu mengoleskannya ke sikat gigi. Dalam hal ini, pasta gigi dan ini tidak boleh digabungkan dengan campuran soda kue ya.

11. Menggunakan Strip Pemutih
Satu studi tahun 2009 yang dimuat dalam National Library of Medicine yang dilakukan oleh S Farrell, dkk, dari Health Care Research Center, Mason, OH, USA, menemukan bahwa mereka yang menggunakan strip pemutih hidrogen peroksida dengan pirofosfat setiap hari, selama tiga bulan memiliki karang gigi 29% lebih sedikit daripada mereka yang hanya menyikat gigi.

12. Rajin Makan Buah dan Sayur
Makanan sehat seperti buah dan sayur dapat membantu membersihkan beberapa bakteri di mulut yang menghasilkan plak. Hal yang sama berlaku untuk permen karet bebas gula.

Berapa Lama Plak Gigi Berubah Menjadi Karang Gigi?

Waktu plak gigi berubah menjadi karang gigi yaitu sekitar 24-72 jam, di mana plak bisa mengeras menjadi karang gigi.

Dalam hal ini, karang gigi muncul akibat akumulasi plak dan mineral dari air liur yang mengeras, yang kemudian melapisi bagian luar gigi dan menyerang bagian bawah garis gusi.

Kemunculannya akan memberi pola warna tertentu, seperti kuning atau cokelat di atas garis gusi, sementara cokelat atau hitam di bawahnya. Meskipun penumpukan karang gigi merupakan hal biasa, namun jika dibiarkan hal ini bisa berdampak pada kualitas hidup dan mengurangi rasa percaya diri.

Semoga penjelasan tentang cara menghilangkan karang gigi secara alami tadi bisa membantu detikers. Namun bila ingin memperoleh hasil yang lebih baik, kamu sebaiknya ke dokter gigi untuk melakukan pembersihan karang gigi (scaling).



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "12 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami Sendiri di Rumah"