Hagia Sophia

10 August 2023

Kekasih Sandra Bullock Meninggal Dunia Karena Penyakit Saraf ALS, Penyakit Apakah Itu?

Bryan Randall dan Sandra Bullock. (Foto: Getty Images)

Kekasih Sandra Bullock, Bryan Randall, meninggal dunia di usia 55 tahun. Pasangan Sandra Bullock selama 8 tahun itu meninggal setelah lama berjuang melawan penyakit sklerosis lateral amiotrofik atau amyotrophic lateral sclerosis (ALS).

"Dengan kesedihan mendalam kami berbagi bahwa pada 5 Agustus, Bryan Randall meninggal dunia dengan tenang setelah tiga tahun berjuang melawan ALS," kata pernyataan keluarga dikutip dari People, Rabu (9/8/2023).

"Bryan memilih lebih awal untuk merahasiakan perjalanannya dengan ALS dan kami yang merawatnya melakukan yang terbaik untuk menghormati permintaannya," sambungnya.

Penyakit sklerosis lateral amiotrofik atau amyotrophic lateral sclerosis (ALS) merupakan gangguan saraf yang memburuk seiring waktu hingga menyebabkan kelumpuhan.

Dikutip dari Mayo Clinic, ALS sering disebut penyakit Lou Gehrig setelah pemain bisbol yang didiagnosis mengidapnya. Penyebab pasti penyakit ini masih belum diketahui. Penyakit ini sering dimulai dengan otot berkedut dan kelemahan pada lengan atau kaki, kesulitan menelan atau bicara cadel.

Akhirnya ALS memengaruhi kontrol otot yang diperlukan untuk bergerak, berbicara, makan, dan bernapas. Belum ada obat untuk penyakit mematikan ini. ALS menyebabkan kedua kelompok neuron motorik secara bertahap memburuk dan kemudian mati.

Seiring perkembangan penyakit, ALS menyebabkan komplikasi, seperti masalah pernapasan. Seiring waktu, ALS menyebabkan kelemahan otot yang digunakan untuk bernapas. Orang dengan ALS mungkin memerlukan alat seperti ventilator masker untuk membantu mereka bernapas di malam hari.

Beberapa orang dengan ALS lanjut memilih untuk menjalani trakeostomi. Operasi ini adalah pembuatan lubang yang dibuat dengan pembedahan di bagian depan leher yang mengarah ke tenggorokan. Ventilator dapat bekerja lebih baik pada trakeostomi daripada masker.

Penyebab kematian paling umum bagi penderita ALS adalah gagal napas. Setengah dari penderita ALS meninggal dalam waktu 14 sampai 18 bulan setelah diagnosis. Namun, beberapa orang dengan ALS hidup 10 tahun atau lebih.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Penyebab Kekasih Sandra Bullock Meninggal, Sefatal Apa Penyakit Saraf ALS?"