Hagia Sophia

01 September 2023

China Hapus Semua Syarat Tes COVID-19 Bagi Pendatang

COVID-19 di China. (Foto: Future Publishing via Getty Imag/Future Publishing)

China akhirnya menghapus semua persyaratan tes COVID-19 bagi para pendatang. Peraturan ini mulai berlaku pada Rabu (30/8).

Hal tersebut menyusul dibukanya perbatasan China sejak Januari 2023 setelah sebelumnya sempat diberlakukan isolasi selama tiga tahun, tepatnya sejak Maret 2020.

Dikutip dari APNews, dalam beberapa bulan terakhir, China secara bertahap memperluas daftar negara yang bisa dikunjungi oleh warganya dan meningkatkan jumlah penerbangan internasional.

Negara itu juga sudah mengambil sejumlah langkah untuk menghidupkan kembali pasar wisata asing demi memfasilitasi pemulihan sektor pariwisata.

China baru mengakhiri kebijakan 'zero COVID' di dalam negeri pada bulan Desember 2022, setelah bertahun-tahun melakukan pembatasan ketat. Saat itu keputusan pemerintah untuk mengakhiri kebijakan zero COVID selama tiga tahun, yang mencakup pengujian massal dan penguncian karantina yang ketat dan terus-menerus, menyebabkan lonjakan besar rawat inap dan kematian.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Akhirnya! China Hapus Semua Syarat Tes COVID-19 bagi Para Pendatang"