Hagia Sophia

01 September 2023

Beberapa Penyakit yang Harus Diwaspadai Akibat Polusi Udara yang Tidak Bersahabat

Foto: Pradita Utama

Tak hanya bikin engap, polusi udara yang parah di kawasan Jakarta dan sekitarnya juga berisiko memicu sederet penyakit pada masyarakat, terutama berkenaan dengan saluran pernapasan. Hal ini menuai kekhawatiran sejumlah praktisi kesehatan yang menyoroti besarnya risiko penyakit pada warga yang masih sering beraktivitas di luar ruangan.

Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan, ada enam penyakit yang paling diwaspadai sebagai efek dari kualitas udara ugal-ugalan beberapa waktu terakhir. Di antaranya, yakni penyakit asma yang seringkali sudah diidap oleh seseorang, kemudian memburuk dan kambuh akibat terpapar udara berkualitas buruk.

"Tiga (penyakit) utama itu adalah pertama pneumonia atau infeksi di dalam paru, yang kedua itu adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) dan ketiga adalah asma karena orang yang asma itu akan cenderung sering terjadi kekambuhan pada kualitas udara yang tidak membaik," ungkap Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers, Kamis (31/8/2023).

"Jangka waktu panjang keterpaparan terhadap polutan-polutan ini tentunya ada tiga penyakit lagi yang kita lihat terbanyak. Pertama adalah kanker paru, TBC, dan penyakit paru obstruktif kronik," ujarnya lebih lanjut.

Dalam kesempatan tersebut dr Nadia juga menekankan pentingnya penggunaan masker di tengah situasi udara saat ini, yakni masker yang efektif menyaring PM2.5. Begitu juga orang-orang yang mengalami batuk pilek dianjurkan untuk segera mendapatkan layanan kesehatan.

"Esensi utama kita kalau kita keterpaparan terus-menerus terhadap polusi udara, orang yang asma akan cenderung sering serangan. Kalau asma itu nggak enak banget. Sehingga otomatis kalau anak-anak pasti nggak bisa sekolah, nggak bisa belajar karena dia nggak enak dalam kondisi sakit," bebernya.

"Keterpaparan terhadap polusi ini awalnya akan seperti reaksi alergi. Bersin-bersin, dia nggak sakit tapi bersin dan batuk. Atau ini kenapa sih batuknya nggak hilang-hilang tapi bukan karena batuk merokok," pungkas dr Nadia.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Penyakit yang Paling Diwaspadai Kemenkes gegara Polusi DKI Ugal-ugalan"