Hagia Sophia

01 September 2023

Mengenal ISPA yang Bikin Sri Mulyani Bersuara Serak

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Ari Saputra)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkena infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA. Hal ini diungkapkannya saat menghadiri rapat di Komisi XI DPR RI untuk membahas asumsi makro.

Sri Mulyani berbicara dengan suara yang hampir hilang dan serak.

"Terima kasih pimpinan, suara saya hilang. Jadi, kalau diizinkan pak Wamen yang berbicara, terima kasih pak. Mohon maaf," kata Sri Mulyani di Komisi XI DPR, Kamis (31/8/2023).

Ia juga sempat diminta berpendapat untuk menyampaikan pandangannya. Namun, Sri Mulyani mengaku masih belum berbicara banyak.

"Suara saya masih belum pak, belum bisa ngomong. Tadi pengin bicara tapi nggak bisa pak," jelasnya.

"Mohon maaf, ISPA," ujar dia.

Seperti yang diketahui, kasus ISPA belakangan ini meningkat di Indonesia. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh kondisi udara yang buruk akibat polusi.

Apa itu ISPA?

ISPA merupakan infeksi yang dapat mengganggu pernapasan pada normalnya. Kondisi ini dapat mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas atau bagian bawah.

Saluran pernapasan bagian atas dimulai pada sinus dan berakhir di pita suara. Sementara saluran pernapasan bagian bawah dimulai pada pita suara dan berakhir di paru-paru.

Sistem saluran pernapasan manusia dapat dibagi menjadi dua yaitu bagian atas dan bagian bawah. Hal ini membuat penyebab ISPA dapat dilihat dari jenis infeksi yang terjadi di bagian saluran pernapasan, yakni:

Infeksi Saluran Pernapasan Bagian Atas

Dikutip dari Cleveland Clinic, infeksi saluran pernapasan bagian atas biasanya adalah flu, epiglottitis, radang tenggorokan, faringitis (sakit tenggorokan), atau sinusitis.

Seseorang dapat mendapatkan infeksi saluran pernapasan atas ketika virus atau bakteri memasuki sistem pernapasan, seperti saat menyentuh mulut atau hidung setelah bersalaman dengan orang yang sedang sakit.

Infeksi Saluran Pernapasan Bagian Bawah

Beberapa infeksi saluran pernapasan bagian bawah, seperti dikutip dari Very Well Health, adalah pneumonia, bronkitis (pembengkakan saluran udara ke paru-paru), dan bronkiolitis (pembengkakan saluran udara di anak-anak).

Adapun gejala umum yang bisa muncul akibat ISPA, seperti:
  • Penyumbatan, baik di sinus hidung atau paru-paru
  • Pilek
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Pegal-pegal
  • Kelelahan
Disarankan untuk segera ke dokter jika mengalami demam lebih dari 39 celsius, kesulitan untuk bernapas, pusing, dan kehilangan kesadaran.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bikin Sri Mulyani Sulit Bicara di DPR, Apa Itu ISPA?"