Hagia Sophia

01 September 2023

Usianya Sudah Sampai 72 Tahun, Ini Rahasia Bugar Kak Seto

Tips bugar ala Kak Seto. (Foto: Andhika Prasetia/detikHOT)

Seto Mulyadi, atau yang biasa disapa Kak Seto, baru saja berulang tahun ke-72. Melalui postingan Instagram Story-nya, Rabu (30/8/2023), ia terlihat mendapat kejutan ulang tahun ketika mengunjungi siswa-siswa SMPN 198 dalam kegiatan 'Kak Seto Goes to School' yang merupakan bentuk pengabdiannya sebagai sahabat anak.

Tidak hanya wara-wiri untuk mengedukasi anak-anak Indonesia, tetapi ia juga masih aktif dan bugar. Pasalnya, seringkali Kak Seto membagikan video sedang berlari, bahkan beberapa olahraga lainnya.

Lantas, apa sih rahasia sehat Kak Seto?

Dalam beberapa kesempatan, Kak Seto membeberkan kunci dari tubuh sehatnya adalah 'GEMBIRA'. Selain maknanya terkait rasa bahagia dan bersyukur, ternyata 'G-E-M-B-I-R-A' memiliki arti yang mendalam baginya.

Gerak anti-mager
Menurutnya, G adalah gerak alias anti-mager. Di usianya menuju 70 tahun waktu itu, ia menyebut dirinya masih sanggup push up 80 kali, koprol, dan lari-lari.

Emosi cerdas
"E adalah emosi cerdas. Kelola emosi dengan cerdas, nggak boleh marah meledak, sedih, dan takut yang berlebihan. Jadi tetap ungkapkan selalu gembira," ujarnya pada detikcom dalam kesempatan sebelumnya.

Makan sehat
Selanjutnya, M adalah makan sehat. Kak Seto mengisahkan, dirinya sudah menjadi vegan selama 10 tahun terakhir. Ia berhenti mengonsumsi daging, susu, dan telur, melainkan hanya makan buah dan sayur-sayuran.

Berdoa, beribadah, bersyukur
Tak kalah penting dari itu, B ada berdoa, beribadah dan bersyukur. Menurutnya, kesehatan spiritual adalah penopang kondisi fitnya sampai usia kini.

"B adalah berdoa, beribadah, bersyukur, bahagia, serba yang spiritual. I adalah istirahat. Saya dari dulu sangat teratur, istirahat 8 jam per hari," ujarnya.

Istirahat
Tidur merupakan hal yang penting bagi Kak Seto. Pasalnya, ia selalu menyempatkan untuk tidur selama 8 jam tiap malam.

Rukun
"R adalah rukun. Ibaratnya, kemesraan ini janganlah cepat berlalu terus dengan istri, anak, staf rumah tangga. Kita kompak, suasana serba damai dan nyaman," lanjut Kak Seto.

Aktif berkarya
Terakhir, A adalah aktif berkarya. Menurut Kak Seto, tetap beraktivitas adalah cara untuk menyeimbangkan hidup. Gaya hidup sehat, aktif bergerak, dan selektif soal menu makan ia senantiasa seimbangi dengan produktivitas.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Rahasia Bugar dan Umur Panjang Kak Seto yang Baru Ultah Ke-72"