Hagia Sophia

01 September 2023

Tips untuk Redakan Suara Serak dan Susah Bicara Karena ISPA

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. Foto: Ari Saputra

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani terkena penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA. Dalam rapat di Komisi XI DPR RI untuk membahas asumsi makro, ia berbicara dengan suara serak dan hampir hilang.

"Terima kasih pimpinan, suara saya hilang. Jadi, kalau diizinkan pak Wamen yang berbicara, terima kasih pak. Mohon maaf," ungkap Sri Mulyani di Komisi XI DPR, Kamis (31/8/2023).

Dalam kesempatan tersebut juga, Sri Mulyani sempat diminta untuk menyampaikan pendapatnya. Namun ia menyebut, tak bisa berbicara banyak lantaran dirinya tengah mengidap ISPA.

ISPA menjadi penyakit yang kerap dibahas di Indonesia beberapa waktu terakhir. Pasalnya sebagaimana disoroti oleh banyak praktisi kesehatan, penyakit ini merupakan salah satu risiko penyakit yang bisa muncul akibat polusi udara yang parah beberapa waktu terakhir, terutama di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Ketua Komite Penanggulangan Penyakit Respirasi dan Dampak Polusi Udara dr Agus Dwi Susanto, SpP, pun menjelaskan, suara serak sebagaimana yang dialami oleh Sri Mulyani memang betul salah satu gejala ISPA.

"(Gejala ISPA) sakit tenggorokan, sampai suara serak kalau terkena pita suaranya," ujar Prof Agus kepada detikcom, Kamis (31/8/2023).

Dikutip dari Healthline, ada sejumlah cara yang bisa diupayakan untuk meredakan suara serak:
  • Istirahatkan suara selama beberapa hari, hindari berbicara dengan keras dan berteriak lantaran bisa membuat pita suara semakin tegang.
  • Perbanyak konsumsi air putih agar kebutuhan tubuh akan hidrasi bisa tercukupi, kemudian cairan dapat meringankan gejala di tenggorokan
  • Hindari asupan kafein dan alkohol lantaran bisa memperparah suara serak.
  • Gunakan pelembab udara untuk menambah kelembaban udara, dengan tujuan membantu membuka jalan napas dan memudahkan pernapasan.
  • Mandi air panas, sebab uap dari air tersebut bisa membantu membuka saluran udara dan memberikan kelembaban.
  • Hentikan konsumsi rokok lantaran bisa mengeringkan dan menyebabkan iritasi tenggorokan semakin parah.
  • Konsumsi permen pelega tenggorokan untuk merangsang air liur dan membantu menenangkan tenggorokan
  • Hilangkan alergen dari lingkungan



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "ISPA Bikin Serak-Susah Bicara seperti Sri Mulyani? 8 Tips Ini Bisa Bantu Meredakan"