Hagia Sophia

07 October 2023

Demi Ketenaran, Pria Ini Nekat Makan Cacing Pita

Pria makan cacing pita (Foto: TikTok@nick_kratka)

Gegara berniat ingin mencari perhatian netizen alias ingin viral, pria dari AS bernama Nicolas Kratka ini nekat memakan cacing pita. Berawal mendapat ikan bass dari hasil memancing dan kemudian memotongnya, Nicolas melihat ikan tersebut dipenuhi dengan cacing.

Namun bukannya membersihkan cacing tersebut atau membuangnya, Nicolas malah memakannya. Ia penasaran dengan apa yang terjadi di dalam tubuhnya dan membagikan pengalamannya kepada netizen. Tak lama setelahnya, Nicolas mengalami gejala yang parah sampai harus mendapat perawatan di dokter.

"Yang sebenarnya terjadi adalah perut saya mulai terasa sakit. Ketika saya pergi ke dokter, katanya kemungkinan besar cacing itu akan menyebar ke mata dan otak saya, yang akan membunuh saya jika saya tidak bertindak cepat," kata pria berusia 23 tahun itu, dikutip The Sun.

"Saya idiot, saya tidak akan berbohong," sambungnya lagi.

Dokter spesialis penyakit dalam dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH mewanti-wanti 'aktivitas' yang dilakukan seperti pria di AS itu bisa membahayakan tubuh. Sebab, apabila seseorang memakan makanan yang mengandung parasit, misalnya cacing pita, maka ada kemungkinan parasit itu akan pindah dan hidup di dalam tubuh.

"Bila cacing pita dia bisa hidup di dalam usus lalu menempel di usus lalu akan menghisap darah korbannya. Bisa menyebabkan seseorang kekurangan darah dan gizi," imbuhnya saat dihubungi detikcom, Jumat (6/10/2023).

Jika cacing pita sudah memenuhi usus, gejala yang dirasakan bisa berupa mual, muntah, hingga mengalami penyumbatan saluran cerna. dr Aru mengingatkan, jika menemukan makanan yang sudah dihinggapi parasit dan cacing, sebaiknya jangan dikonsumsi untuk menghindari risiko yang bisa terjadi.

"Tetapi yang lebih penting adalah sebaiknya masak makanan dengan matang sehingga bila ada parasit yang tidak tampak maka diharapkan akan mati," katanya.

"Jangan lupa juga bahwa penularannya bisa juga dari telur cacing yang bisa berada di tanah atau tanaman yang tercemar. Oleh karena itu wajib cuci tangan yang bersih dan bersihkan sayuran dengan bersih sebelum di makan terutama bila dimakan sebagai lalapan," sambungnya lagi.

Di sisi lain, meski Nicolas mengalami kondisi tersebut, ia mengaku pengalamannya memakan cacing tidak menghalanginya untuk mencoba makanan lain yang tidak biasa dan berpotensi berbahaya di masa mendatang.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kata Dokter soal Efek Makan Cacing Pita, Viral Dilakukan Pria Ini demi Tenar"