Hagia Sophia

21 November 2023

Turis Indonesia Masuk Jepang Harus Tes TBC, Ini Alasannya

Foto: STR/JIJI PRESS/AFP

Pemerintah Jepang berencana memberlakukan tes tuberkulosis (TBC) untuk turis dari enam negara, termasuk Indonesia. Keenam negara tersebut yakni Filipina, Vietnam, Tiongkok, Indonesia, Nepal dan Myanmar.

Menteri Kesehatan Jepang Keizo Takemi mengatakan tes tuberkulosis wajib untuk kunjungan ke Jepang lebih dari tiga bulan. Adapun alasan pemerintah Jepang memberlakukan aturan tersebut karena banyak pasien TBC baru di Jepang berasal dari negara-negara tersebut.

Dikutip dari The Asahi, turis dari enam negara, termasuk Indonesia, akan diminta melakukan tes TBC di institusi medis yang ditunjuk pemerintah Jepang sebelum mereka melakukan perjalanan ke Jepang. Jika hasil tes positif, Jepang tidak akan mengeluarkan visa bagi orang yang bersangkutan.

Dalam laman Asian Nikkei, Jepang sedang berjuang untuk mengatasi lonjakan kasus tuberkulosis di kalangan orang asing, sehingga mendorong kebijakan baru yang mewajibkan bukti non-infeksi dari pemohon visa dari Tiongkok, Filipina, dan empat negara Asia lainnya dengan tingkat infeksi yang tinggi.

Insiden TBC di kalangan orang non-Jepang meningkat 40 persen dalam lima tahun sejak tahun 2012, dengan 1.530 orang terjangkit TBC pada tahun 2017. Peningkatan ini sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk asing, yang mencapai rekor sekitar 2,63 juta orang pada akhir bulan Juni lalu. tahun.

Persentase pengidap TBC terhadap total populasi juga meningkat, mencapai 9 persen pada tahun 2017.

Pada tahun 2018, pemeriksaan fisik bagi peserta pelatihan asing di sebuah peternakan di Prefektur Kagawa menunjukkan bayangan putih pada hasil rontgen dada seorang wanita berusia 20-an dari Laos. Pemeriksaan lebih lanjut memastikan diagnosis TB paru. Sebelas orang lainnya, sebagian besar adalah sesama peserta pelatihan, juga terinfeksi bakteri TBC, dengan dua orang menunjukkan gejala.

Undang-undang pengawasan perbatasan Jepang melarang masuknya pasien TBC. Namun mengidentifikasinya adalah hal yang sulit karena pasien pada tahap awal penyakit hanya menunjukkan gejala seperti flu.

Di bandara, petugas karantina menggunakan kamera termografi untuk melihat apakah ada penumpang yang mengalami demam. "Merupakan tantangan untuk mendeteksi semua orang yang mengidap TBC aktif," kata seorang pejabat karantina.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Alasan Jepang Bakal Wajibkan Turis RI Tes TBC Sebelum Masuk ke Negaranya"