Hagia Sophia

21 November 2023

Tips Pengobatan Ambeien Luar Secara Mandiri dan Medis

Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz

Ambeien luar dapat terjadi karena beberapa sebab, mulai dari mengejan saat buang air besar, obesitas, hingga kehamilan. Untuk mengobati ambeien luar, detikers dapat melakukannya dengan bantuan medis atau perawatan rumah.

Ambeien disebut juga dengan wasir. Dilansir situs Healthline, kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah vena yang meradang sehingga memunculkan benjolan di sekitar anus.

Adapun ambeien luar terjadi di bawah kulit yang mengelilingi anus, dan benjolan yang muncul bisa terasa sangat menyakitkan. Meski begitu, kondisi ini disebutkan bisa sembuh dengan sendirinya setelah pengobatan yang dilakukan di rumah.

Tapi, ada juga ambeien luar yang sampai memerlukan perawatan medis karena benjolannya yang membesar dan menyebabkan rasa sakit.

Lantas, bagaimana cara mengobati ambeien luar secara mandiri di rumah? Dan seperti apa perawatan medis yang dilakukan untuk mengatasi ambeien luar? Simak uraian di bawah ini.

Cara Mengobati Ambeien Luar Secara Mandiri dan Medis

Ambeien luar bisa diobati secara mandiri dengan perawatan rumahan, maupun dengan bantuan medis. Berikut beberapa cara untuk mengobati ambeien luar:

1. Kompres Dingin
Wasir dapat diobati dengan cara mengkompres dingin untuk mengurangi pembengkakan. Bungkus es dengan kain dan tempelkan pada ambeien luar selama 15 menit. Bukan hanya meredakan bengkak, cara ini juga dapat mengurangi rasa sakit yang muncul.

2. Mandi Sitz
Cara ini dilakukan dengan merendam bagian bokong dalam air hangat. Gunakan bak mandi kecil dan tuangkan air hangat, duduk di dalamnya sekitar 10-15 menit selama dua atau tiga kali dalam sehari untuk bantu meredakan ambeien luar.

3. Penggunaan Salep
Oleskan krim yang mengandung hidrokortison untuk mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri yang ditimbulkan. Selain itu, bisa juga gunakan salep yang dibuat dari bahan alami seperti witch hazel dan lidah buaya.

4. Minum Obat Pereda Nyeri
Kalau rasa sakit tak tertahankan muncul akibat ambeien luar maka kamu dapat meminum asetaminofen, aspirin, atau ibuprofen untuk sementara waktu agar bantu meringankan rasa tidak nyaman. Jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu ke ahli untuk pemakaian dosisnya.

5. Ligasi
Perawatan medis ini dilakukan oleh dokter ahli untuk memasang satu atau dua karet gelang kecil di sekitar pangkal ambeien. Ini dimaksudkan untuk memutus aliran darahnya, sehingga wasir akan layu dan lepas sekitar dalam waktu satu minggu.

Pengikatan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan menyebabkan pendarahan. Pendarahan dapat berlangsung hingga 4 hari setelah prosedur ligasi.

6. Skleroterapi
Dengan skleroterapi, dokter akan menyuntikkan larutan kimia ke dalam jaringan ambeien untuk mengecilkannya. Suntikan ini dapat menimbulkan sedikit rasa nyeri, atau bahkan tidak sama sekali.

7. Koagulasi
Pengobatan ini memanfaatkan laser, sinar inframerah, atau suhu panas. Dengan koagulasi, wasir dalam yang berdarah akan mengeras dan mengkerut. Koagulasi memiliki sedikit efek samping dan biasanya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

8. Operasi
Operasi dilakukan jika ambeien luar membesar dan tidak berhasil diobati dengan perawatan lain. Pengangkatan wasir dengan cara ini disebut hemoroidektomi. Hemoroidektomi disebut cara yang paling efektif untuk mengobati ambeien yang parah.

Dokter operasi ini, dokter akan mengangkat jaringan ekstra yang menyebabkan pendarahan dengan menggunakan salah satu dari berbagai teknik. Pembedahan dilakukan dengan anestesi lokal dan obat penenang.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Cara Mengobati Ambeien Luar Secara Mandiri dan Tindakan Medis"