Hagia Sophia

07 January 2024

Usai Kembali dari Gaza, Ribuan Tentara Israel Dilaporkan Alami Cacat

Foto: AP/Majdi Mohammed

Lebih dari 5.000 tentara Israel dilaporkan cacat dan menjalani rehabilitasi pada tahun 2023, kata surat kabar Israel pada Jumat, Anadolu Agency melaporkan.

Di antara tentara baru yang dinonaktifkan, sekitar 3.400 orang telah direhabilitasi sejak awal perang di Gaza pada 7 Oktober 2023.

Surat kabar tersebut juga mengatakan, jumlah penyandang disabilitas diperkirakan akan meningkat menjadi 12.500 pada tahun 2024, menurut perkiraan Kementerian Pertahanan Israel.

"Ekspektasi untuk tahun 2024 sangat mengejutkan, karena 12,500 pejuang akan diakui sebagai penyandang disabilitas, dan ini adalah perkiraan yang sangat hati-hati dan konservatif, dengan perkiraan volume permintaan mencapai 20,000," ucap kantor berita Israel, dikutip Anadolu Agency.

Surat kabar tersebut mengatakan bahwa angka-angka ini tidak termasuk warga sipil yang terluka sejak 7 Oktober.

Sebelumnya Israel telah melancarkan serangan tanpa henti di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas yang dilakukan Hamas ke wilayah Israel pada 7 Oktober.

Korban tewas warga Palestina akibat agresi Israel telah mencapai lebih dari 22 ribu warga, hampir satu persen dari total 2,3 juta penduduk Palestina.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Lebih dari 5 Ribu Tentara Israel Cacat Imbas Perang, Direhab usai Kembali dari Gaza"