Hagia Sophia

07 January 2024

Berapakah Batas Aman Konsumsi Ceker Ayam?

Batas aman mengkonsumsi ceker ayam. (Foto: iStock)

Tak dapat dipungkiri jika ceker adalah bagian tubuh ayam yang kerap disukai banyak orang. Namun, di balik rasanya yang enak, ceker ayam juga mengandung kolesterol.

Ahli gizi dari Universitas Muhammadiyah Surabaya Tri Kurniawati menjelaskan 100 gram ceker mengandung 5,5 gram lemak tak jenuh, sekitar 60 persen dari kebutuhan harian orang dewasa. Selain itu, mengandung 84 gram kolesterol atau 20 persen dari kebutuhan orang dewasa.

"Jadi, bila konsumsi ceker ayam dalam jumlah banyak atau sering, akan menyebabkan peningkatan kolesterol yang bila terjadi secara terus-menerus akan menyebabkan badan mudah lelah," jelas Tri yang dikutip dari laman UM Surabaya.

"Bahkan, pada akhirnya dapat menyebabkan gagal jantung atau stroke," sambungnya.

Memang seberapa sering ceker bisa menyebabkan kolesterol?

Tri menegaskan ceker masih bisa dikonsumsi, asalkan dalam batas yang wajar. Ia juga menyarankan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsinya.

"Dikatakan sering, apabila dikonsumsi lebih dari tiga kali dalam satu minggu dan dalam jumlah yang lebih dari satu porsi secara terus menerus," beber Tri.

Kandungan Positif dalam Ceker
Namun, Tri menjelaskan tidak semua kandungan ceker memberikan efek negatif. Ceker mengandung 19 jenis asam amino, termasuk asam aspartat, glutamin, hidroksiprolin, serin, glisin, histidin, arginin, treonin, alanine, prolin, tirosin, valin, metionin, sistin, ileusin, fenilalanin, triptofan, dan lisin.

Ceker juga memiliki komponen kolagen sebanyak 5,64-31,39 persen. Itu sebesar 28,73-36,83 persen dari total protein.

Kolagen memberikan banyak manfaat bagi tubuh, seperti membantu meregenerasi sel-sel baru pada kulit dan menjaga kesehatan organ. Selain itu, ceker mempunyai kadar air yang sangat banyak, yakni 65,08 persen.

Sisanya mengandung 20,10 persen air, 8,16 persen kadar abu, dan 3,90 persen lemak.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pakar Ungkap Batas Aman Konsumsi Ceker Ayam Biar Kolesterol Tak Nanjak"