Hagia Sophia

28 March 2024

Amankah Minum Kopi Saat untuk Batalkan Puasa? Ini Kata Dokter

Foto: Ilustrasi iStock

Waktu berbuka puasa menjadi waktu yang ditunggu-tunggu setelah seharian menahan lapar dan haus. Namun, kadang kala ada kebiasaan saat berbuka yang justru tidak baik untuk kesehatan.

Salah satu hal yang dinantikan saat berbuka puasa adalah minum kopi. Lantas, amankan minum kopi saat berbuka puasa?

Menurut spesialis penyakit dalam dr Aru Ariadno, SpPD KGEH, jika seseorang tidak memiliki penyakit tertentu yang berkaitan dengan saluran cerna, maka aman-aman saja minum kopi saat berbuka puasa.

"Kalau tidak ada kelainan, atau penyakit gangguan saluran cerna seperti maag maka dianjurkan kopi dihindari. Bila tidak ada kelainan bisa dikonsumsi saat setelah berbuka," ujarnya kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Hanya saja minum kopi tetap tidak boleh dilakukan saat perut kosong. Jika ingin berbuka dengan kopi, pastikan perut sudah terisi terlebih dahulu. Pasalnya, jika perut kosong langsung diisi dengan kopi maka dapat berisiko muncul gangguan lambung.

"Kenapa disarankan waktu berbuka karena saat sahur ditakutkan saat di tengah hari tiba-tiba terjadi gangguan perut seperti maag yang akan mengakibatkan batalnya puasa," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Amankah Langsung Minum Kopi saat Buka Puasa? Begini Penjelasan Dokter"