Hagia Sophia

11 March 2024

Bahayanya Minum Teh Hangat Saat Perut Kosong

Tak disarankan minum teh dalam kondisi perut kosong (Foto: Getty Images/iStockphoto/manusapon kasosod)

Teh hangat mungkin menjadi favorit banyak orang untuk mengawali hari karena memiliki manfaat yang baik untuk metabolisme dan sistem pencernaan.

Tetapi, minum teh hangat saat perut kosong ternyata bisa berbahaya lho. Kenapa begitu?

Mengawali hari dengan secangkir teh hangat boleh-boleh saja kok. Namun, pastikan sudah makan sesuatu sebelum meminumnya.

Menurut penelitian, semua jenis minuman berkafein seperti kopi, teh hijau, teh susu, teh oolong, teh hitam, dan sebagainya bisa bereaksi saat perut kosong dan suhu panas yang semakin meningkatkan risikonya.

Berikut tiga alasan sebaiknya tidak minum teh hangat saat perut kosong, dikutip dari laman Health Shot:

1. Iritasi perut
Penelitian yang dipublikasikan oleh Chung S Yang, profesor biologi kimia di Rutgers, menunjukkan bahwa orang mungkin mengalami iritasi lambung setelah minum teh yang diseduh kuat saat perut kosong.

Penelitian tersebut juga menyebutkan peningkatan risiko kanker esofagus dan lambung akibat minum gen terlalu panas yang tidak bisa ditoleransi saat perut kosong. Selain itu, antioksidan kuat dan polifenol yang ada di dalam teh bisa menyebabkan keasaman.

2. Sakit kepala
Sebagian orang mungkin mengeluh sakit kepala jika tidak minum teh saat bangun tidur. Tapi, bagaimana jika minum teh adalah penyebab sakit kepala?

Dalam jurnal penelitian yang diterbitkan Taylor & Francis tentang minum teh, penulis Carolyn M Matthews menyebutkan bahwa teh dapat menyebabkan mual dan sakit kepala, terutama jika diminum saat perut kosong. Teh mengandung kafein dan dapat dikaitkan dengan hiperstimulasi sistem saraf pusat, seperti insomnia, agitasi, atau tremor.

3. Penyerapan nutrisi terhambat
Kandungan polifenol, seperti tanin dan kafein, pada teh dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi seperti zat besi dari makanan. Ini bisa terjadi jika terlalu banyak minum teh saat perut kosong.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Hati-hati Minum Teh saat Perut Kosong, Ini yang Bisa Terjadi"