Hagia Sophia

11 March 2024

Ciri-ciri Hamil 7 Minggu pada Ibu

Foto: Getty Images/iStockphoto/Nitcharee Sukhontapirom

Kehamilan seseorang terus berkembang sesuai usia janinnya. Setiap usia kehamilan memiliki ciri-ciri yang dikatakan sebagai kondisi yang sehat.

Pada trimester pertama, misalnya pada usia 7 minggu, terkadang ibu hamil masih bertanya-tanya apakah yang dia rasakan normal.

Simak dulu artikel ini untuk mengetahui ciri-ciri hamil 7 minggu yang sehat, mulai dari kondisi ibu hingga perkembangan janinnya. Simak pula beberapa tipsnya di sini.

Ciri-ciri Hamil 7 Minggu pada Ibu

Dilansir dari Healthline dan NHS, berikut ini beberapa ciri-ciri hamil 7 minggu pada ibu:

1. Menghindari Makanan
Pada usia kehamilan 7 minggu, Anda mungkin secara tiba-tiba tidak mau makan makanan yang biasa menjadi favorit Anda. Bahkan mungkin makanan itu menjadi menjijikkan.

Anda juga mungkin mengidam makanan yang tidak biasa. Namun setelah makanan ini berada di depan mata, belum tentu Anda memakannya dengan lahap.

2. Mual
Anda juga mungkin merasa kembung atau mual dengan makanan tertentu atau mencium bau tertentu. Tetapi sebagian besar wanita mulai merasa lebih baik setelah lewat trimester pertama.

3. Air Liur Berlebih
Wanita dengan usia kehamilan 7 minggu biasanya mengalami produksi air liur yang berlebihan sehingga merasa ingin meludah. Cobalah mengunyah permen karet tanpa gula atau menghisap permen keras untuk mengatasinya.

4. Kelelahan
Kelelahan biasa terjadi pada wanita hamil pada trimester pertama dan ketiga. Cobalah tidur lebih awal untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Jika Anda terbiasa berolahraga, mungkin Anda memerlukan sedikit perubahan waktu atau frekuensi olahraga.

5. Gusi Berdarah
Anda mungkin mengalami gusi berdarah atau sakit gusi saat hamil 7 minggu. Tetap jaga kebersihan mulut dengan baik dan rawat gigi secara teratur.

6. Payudara Membesar
Anda mungkin mulai merasa bahwa payudara Anda mulai membesar. Selain itu, Anda mungkin mengalami payudara bengkak dan kram pada panggul.

Ciri-ciri Hamil 7 Minggu pada Perkembangan Bayi

Berikut ini ciri-ciri dan perkembangan janin yang memasuki usia 7 minggu:
  • Pada usia kehamilan 7 minggu, janin Anda berukuran seperti blueberry dan akan terus bertumbuh.
  • Panjang bayi Anda sekitar 1/4 inci pada minggu ini dan masih dianggap sebagai embrio. Ekor tulang belakangnya semakin kecil dan akan segera menghilang.
  • Kepala dan wajah bayi berkembang dan tangan serta kaki kecilnya tumbuh.
  • Lubang hidung muncul dan lensa mata mulai terbentuk.
  • Otak berkembang dengan cepat dan hal ini mengakibatkan kepala tumbuh lebih cepat daripada bagian tubuh lainnya.
  • Telinga bagian dalam mulai berkembang, tetapi telinga bagian luar di sisi kepala tidak akan muncul selama beberapa minggu lagi.
  • Kuncup tungkai mulai membentuk tulang rawan, yang akan berkembang menjadi tulang kaki dan lengan.
  • Kuncup lengan menjadi lebih panjang dan ujungnya mendatar - ini akan menjadi tangan.
  • Sel-sel saraf terus bertambah banyak dan berkembang saat otak dan sumsum tulang belakang (sistem saraf) mulai terbentuk.

Tips Bagi Ibu Hamil 7 Minggu

Ada beberapa tips bagi ibu hamil 7 minggu yang mungkin berguna jika dilakukan:

1. Jadwalkan Kontrol ke Dokter
Jika belum berkunjung ke dokter, coba lakukan kontrol pertama Anda minggu ini atau pada minggu ke-8. Kunjungan ke dokter selain untuk berkonsultasi, juga untuk mengidentifikasi risiko kehamilan.

2. Mulai Olahraga Prenatal
Jika Anda merasa siap, mulailah program latihan prenatal. Berolahraga 30 menit sehari bagus untuk kehamilan yang sehat. Yoga, jalan kaki, dan berenang adalah pilihan yang bagus.

3. Berhenti merokok
Jika Anda seorang perokok, sangat penting untuk berhenti merokok sekarang juga. Merokok meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan, seperti berat badan lahir rendah dan persalinan prematur.

Demikian tadi telah kita ketahui ciri-ciri hamil 7 minggu yang sehat, mulai dari perubahan pada ibu maupun kondisi janinnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ciri-ciri Hamil 7 Minggu yang Sehat bagi Ibu dan Janinnya"