Hagia Sophia

29 March 2024

Buah dan Minuman untuk Penurun Kolesterol Saat Lebaran

Ilustrasi buah dan minuman penurun kolesterol. Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto

Setelah sebulan berpuasa, banyak orang kalap alias makan berbagai hidangan yang tersedia saat lebaran atau Idul Fitri. Hidangan ini termasuk aneka masakan berminyak dan daging yang tentunya mengandung kolesterol berlebih.

Kolesterol tinggi tentu akan menyebabkan masalah kesehatan, antara lain obesitas, penyakit jantung, dan komplikasi beberapa penyakit lain. Sebagai pencegahan, kamu bisa mengkonsumsi makanan atau minuman penurun kolesterol.

Simak artikel ini untuk mengetahui 9 buah dan minuman penurun kolesterol saat lebaran. Kamu bisa menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya sejak beberapa hari sebelumnya.

Buah dan Minuman Penurun Kolesterol

Berikut ini 9 buah dan minuman penurun kolesterol yang dilansir dari situs Florida Premier Cardiology dan Medical News Today:

1. Apel
Apel adalah buah yang ampuh untuk menurunkan kolesterol. Siapkan buah ini di meja makan saat lebaran. Buah ini mengandung serat larut yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Jika dibuat jus, jangan hilangkan seratnya, karena bagian itulah yang penting dikonsumsi.

Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menyebutkan bahwa orang yang makan 550 gram apel sehari memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

2. Berry
Buah berry ini termasuk blackberry, blueberry, raspberry, dan tentunya stroberi. Buah-buahan ini diklaim sebagai buah penurun kolesterol yang ampuh. Selain kaya serat larut, buah ini juga rendah gula yang cocok dikonsumsi siapa saja.

3. Jus Delima
Buah delima diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidannya membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Buah delima cocok dibuat jus buah yang segar.

4. Teh Hijau
Teh hijau berbeda dengan jenis teh lain. Prosesnya memungkinkan daun teh mempertahankan khasiat obat alami.

Teh hijau mengandung katekin yang merupakan antioksidan. Antioksidan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

5. Alpukat
Alpukat sudah banyak diketahui sebagai buah super. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Buah ini dapat menurunkan kolesterol dengan ampuh. Cara mengkonsumsinya bisa langsung dimakan, dibuat jus, atau dicampur dalam salad.

6. Minuman Kedelai
Kedelai mengandung lemak jenuh yang rendah, sehingga baik digunakan sebagai pengganti makanan dengan lemak jenuh. Kedelai bisa diolah menjadi banyak makan, termasuk menjadi minuman, misalnya susu kedelai.

7. Smoothie Susu Nabati
Susu nabati dapat digunakan sebagai pengganti susu hewani yang lebih tinggi kolesterolnya. Susu nabati juga bisa dibuat smoothie dengan campuran buah pisang, anggur, plum, mangga, melon, kangkung, bayam, atau labu kuning.

8. Minuman Kakao
Kakao mungkin dikenal mengandung kolesterol tinggi, tapi faktanya justru kandungan kolesterol HDL-nya tinggi. Namun jika membeli produk minuman cokelat, lihat juga kadar nutrisi di labelnya. Pastikan tidak mengandung lemak jenuh serta kandungan gula dan garamnya rendah.

9. Minuman Gandum
Terakhir, kamu bisa minum minuman gandum sebagai 'senjata' penurun kolesterol saat lebaran. Pilih minuman gandum atau oat yang mengandung beta-glucan.

Kandungan tersebut menciptakan zat seperti gel di dalam usus dan berinteraksi dengan garam empedu. Serat larut tersebut dapat menghambat penyerapan kolesterol dan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

Nah, itulah tadi 9 buah dan minuman penurun kolesterol yang cocok dikonsumsi saat lebaran. Selain itu, jangan lupa perbanyak olahraga untuk membuat badan tetap sehat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "9 Buah dan Minuman Senjata Penurun Kolesterol Saat Lebaran"