Hagia Sophia

26 March 2024

Heboh di AS, Bayi Meninggal Karena Ditinggal Ibunya Liburan

Ilustrasi bayi. (Foto: Getty Images/Ratchat)

Seorang ibu di Ohio, Amerika Serikat bernama Kristel Candelario (32) dijatuhi hukuman penjara seumur hidup akibat meninggalkan bayinya selama 10 hari untuk liburan. Akibat aksi yang dilakukannya, Kristel mendapatkan hukuman tersebut tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

Kejadian tersebut terjadi pada pertengahan tahun 2023. Bayi Kristel yang masih berusia 16 bulan bernama Jailyn ditemukan tidak sadarkan diri di rumah pada 16 Juni 2023. Pihak kantor Sheriff Cuyahoga County menuturkan bayi tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda trauma, namun Jailyn dinyatakan meninggal di tempat kejadian.

Berdasarkan pernyataan tertulis dari pihak kepolisian, Kristel saat itu sedang berada di perjalanan ke Puerto Rico dan Detroit. Sedangkan, bayinya itu ditinggal sendirian di rumah.

Kristel lantas menghubungi polisi setelah pulang ke rumahnya. Jailyn ditemukan dalam keadaan dehidrasi ekstrem. Petugas kemudian menemukan tempat tidur juga kotor dipenuhi dengan urine dan feses. Sang ibu kemudian mengakui bahwa putrinya itu sendirian tanpa pengawasan.

Salah seorang tetangga, menuturkan bahwa hal ini yang pertama kali dilakukan oleh Kristel.

"Kami terus mengatakan padanya untuk tidak meninggalkan bayinya sendiri, tidak hanya saya, teman saya di seberang jalan juga, tapi dia selalu meninggalkan bayinya sendiri," ucap salah satu tetangga saat itu dikutip dari NDTV, Senin (25/3/2024).

Selain mengalami kondisi dehidrasi ekstrem, Jailyn juga mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Setelah ditinggal berlibur oleh Kristel, bayi tersebut mengalami penurunan berat badan hingga 3 kg dari sebelumnya berbobot 5,8 kg.

Brendan Sheehan sebagai hakim pengadil setempat menuturkan bahwa meninggalnya balita itu bukan hanya kekhilafan dan seorang ibu sebetulnya memiliki beberapa kesempatan untuk menyelamatkan nyawa putrinya.

"Anda melakukan tindakan pengkhianatan yang luar biasa, meninggalkan bayi Anda ketakutan, sendirian, tanpa perlindungan, menderita apa yang saya dengar adalah kematian paling mengerikan yang bisa dibayangkan, tanpa makanan, tanpa air, tanpa perlindungan," katanya.

Dehidrasi merupakan kondisi ketika tubuh mengalami kehilangan banyak cairan di dalam tubuh. Kondisi ini dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh hingga dapat mempengaruhi fungsinya.

Tanda-tanda gejala dehidrasi pada bayi yang mungkin dialami adalah sebagai berikut:
  • Mengantuk
  • Memiliki titik lunak (ubun-ubun) di kepala
  • Air mata bayi sedikit atau tidak ada ketika menangis
  • Popok lebih sedikit basah


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kronologi Viral Bayi di AS Tewas usai Ditinggal Ibunya Liburan 10 Hari"