Hagia Sophia

06 April 2024

Ini Cara Orang Dulu Bersihkan Gigi Sebelum Pasta Gigi Ditemukan

Sebelum ada pasta gigi, bagaimana orang zaman dulu membersihkan gigi mereka agar tetap kuat dan bersih? Jawabannya ada di sini. Foto: iStock

Bayangkan ketika kamu hidup di zaman pasta gigi belum ditemukan. Kira-kira, apa yang akan kamu gunakan untuk menggosok gigi supaya tetap kuat, bersih, dan wangi?

Tidak mudah untuk bisa mendapatkan formula pasta gigi yang bisa menyehatkan gigi seperti sekarang. Faktanya, praktik kedokteran gigi kuno banyak yang tidak efektif, bahkan menyebabkan tingginya tingkat kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Melansir IFLScience, Jumat (5/4/2024) indikasi paling awal untuk perawatan gigi ditemukan pada satu set gigi geraham Neanderthal berusia 130.000 tahun dari gua Kroasia. Gigi tersebut memiliki tanda-tanda telah berulang kali tergores oleh semacam tusuk gigi. Sayangnya, tidak ada tusuk gigi yang ditemukan pada sisa-sisa prasejarah itu.

Akan tetapi, berdasarkan temuan itu, para peneliti menduga bahwa Neanderthal mungkin menggunakan potongan tulang atau rumput untuk mengeluarkan makanan dari sela-sela gigi mereka.

Maju ke sekitar 14.000 tahun yang lalu, ditemukan pasien gigi paling pertama yang pernah diketahui. Ditemukan di Italia, individu ini tampaknya menderita kerusakan gigi dan gigi busuk. Setidaknya ada satu gigi yang sengaja dikikis menggunakan semacam alat batu tajam.

Nah, segala sesuatunya mulai menjadi sedikit lebih canggih sekitar tahun 5000 SM ketika orang Mesir kuno mengembangkan pasta gigi paling awal di dunia. Lebih mirip bubuk gigi, campuran ini mengandung bahan-bahan seperti abu, cangkang telur, dupa, dan batu apung. Walaupun lebih bersifat abrasif, bubuk ini memang dapat menghilangkan kotoran di sekitar gigi.

Orang Persia kemudian menambahkan cangkang siput dan tiram yang dibakar ke dalam campuran, bersama dengan bumbu dan madu. Kemudian, orang Romawi menambahkan arang dan kulit pohon dengan tujuan mengurangi bau mulut.

Sikat gigi kuno paling awal ditemukan di makam Mesir kuno dan Babilonia. Ini diperkirakan berasal dari sekitar 3500 SM yaitu siwak. Tidak seperti sikat modern, peralatan ini pada dasarnya hanyalah ranting yang telah dikunyah untuk membuat seratnya menjadi seperti bulu yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi.

Walaupun kedengarannya sederhana, perlu dicatat bahwa ranting ini diambil dari pohon tertentu seperti mimba dan Salvadora persica siwak yang mana keduanya memiliki sifat antimikroba. Keduanya juga telah terbukti memperlambat penyebaran bakteri tertentu penyebab kerusakan gigi dan penyakit gusi. Faktanya, ranting dari kedua pohon ini terus digunakan sebagai salah satu bentuk perawatan mulut di banyak negara Asia dan Timur Tengah hingga saat ini.

Kemudian, untuk sikat konvensional paling awal yang diketahui ditemukan di Tiongkok pada masa Dinasti Tang, antara abad ketujuh dan kesepuluh Masehi. Sikat itu terbuat dari bulu babi dan gagang yang terbuat dari bambu atau tulang.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Bagaimana Orang Zaman Dulu Sikat Gigi Sebelum Ada Pasta Gigi?"