Hagia Sophia

22 January 2023

Aktor Senior dari Korsel Yoon Jeong-hee Meninggal Dunia Karena Alzheimer

Aktriks Yoon Jeong Hee meninggal dunia. (Foto: Yoon Jung Hee (dok. ist))

Aktor senior Korea Selatan Yoon Jeong-hee meninggal dunia di usia 79 tahun. Dikutip dari Korea JoongAng Daily, Jeong Hee meninggal di Paris pada Kamis sore waktu setempat setelah mengidap penyakit alzheimer.

Jeong Hee sebelumnya mengumumkan bahwa dia telah didiagnosis mengidap Alzheimer. Suaminya, Paik Kun-woo, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa kondisi Jeong Hee 'tidak menyenangkan' dan tidak bisa disembunyikan lagi.

Jeong Hee lahir di Busan pada 1944. Ia belajar bahasa Inggris di Universitas Chosun dan memulai debutnya di film tahun 1967 berjudul "Story of The Youth". Popularitas Jeong Hee sebagai bintang film naik di tahun 1960-an dan 70-an. Dia menikah dengan Paik pada 1976 dan memiliki seorang putri bernama Paik Jin-hee.

Selama kariernya, Jeong Hee sudah membintangi puluhan film misalnya A Crossroads dan My Wife. Film terakhirnya tayang pada 2010 berjudul Poetry. Jeong Hee juga meraih beberapa penghargaan seperti Baeksang Arts Awards Favorite Actress, Blue DRagon Film Awards Favorite Actress hingga Korean Association of Film Critics Awards: Lifetime Award.

Mengenal Penyakit Alzheimer

Dikutip dari Mayo Clinic, alzheimer adalah gangguan neurologis progresif yang menyebabkan otak menyusut (atrofi) dan sel-sel otak mati. Alzheimer umumnya disebabkan oleh demensia, yaitu penurunan terus-menerus dalam keterampilan berpikir, berperilaku, dan sosial yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk berfungsi secara mandiri.

Gejala-gejala alzheimer adalah mudah melupakan peristiwa atau percakapan yang baru terjadi. Seiring perkembangan penyakit, pasien alzheimer akan mengalami gangguan ingatan yang parah dan kehilangan kemampuan untuk melakukan tugas sehari-hari. Pada kondisi yang semakin parah, alzheimer menyebabkan komplikasi dari hilangnya fungsi otak yang parah seperti dehidrasi, malnutrisi, infeksi, bahkan kematian.

Orang yang mungkin mengalami alzheimer dapat terlihat dari perilakunya sehari-hari. Misalnya orang tersebut lupa tempat dia menyimpan benda, tersesat di tempat yang familiar, lupa nama anggota keluarga, sulit berpikir terutama yang berhubungan dengan angka, dan sulit membuat keputusan yang relatif mudah.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Aktris Yoon Jeong Hee Meninggal Dunia, Begini Riwayat Sakitnya"