Hagia Sophia

22 January 2023

Cerita Denada Saat Tolak Bantuan Pengobatan Leukemia Anaknya

Momen Denada dan anaknya. (Foto: Instagram@denadaindonesia)

Penyanyi Denada pernah berada di titik terendah hidupnya kala sang anak, Aisha Aurum, divonis mengidap leukemia. Penyakit kanker darah itu diidap Aisha sejak usia 5 tahun.

Demi anak mendapatkan pengobatan terbaik, Denada bertolak ke Singapura. Di sanalah Aisha menjalani perawatan untuk mengobati penyakit kanker darah yang diidapnya.

Biaya pengobatan kanker darah atau leukemia Aisha tentu tak murah. Saat itu Denada sampai menjual seluruh aset yang ia miliki agar anaknya bisa berobat di Singapura.

"Itu wajar ya menurut aku karena semua orang tua apalagi ibu akan melakukan apapun untuk anaknya," ungkap Denada saat menjadi bintang tamu dalam acara FYP Trans 7 dilihat detikcom, Sabtu (21/1/2023).

Denada juga bercerita menolak bantuan dari sesama rekan artis untuk biaya pengobatan leukemia sang anak. Keputusan Denada menolak bantuan teman-temannya karena ia punya alasan kuat.

Wanita berusia 44 tahun itu merasa masih banyak orang tua lainnya yang lebih membutuhkan dan sama-sama tengah berjuang seperti dirinya mendampingi anak-anak mereka.

"Masih banyak yang lebih membutuhkan daripada aku, aku bersyukur, aku berjuang dan aku berusaha untuk pengobatan Aisha," lanjutnya.

Perjuangan Denada akhirnya membawakan hasil. Setelah tiga tahun menjalani perawatan, Aisha dinyatakan sembuh dari leukemia.

Di kesempatan berbeda, Denada mengatakan saat ini Aisha sudah bisa beraktivitas seperti anak sebayanya. Meskipun dinyatakan sembuh, Aisha masih membutuhkan pengecekan dan observasi dokter. Maka dari itu, Denada memilih menyekolahkan anaknya di Singapura untuk memudahkan check up ke rumah sakit.

"Habis di kemoterapi pasti drop jadi harus diopname. Begitu Aisha drop dokter harus melakukan cara-cara supaya (kondisi) Aisha bagus lagi, baru lanjut dikemoterapi," kata Denada saat berbincang dengan Ashanty di Youtube Ngobrol Asix.

Kanker darah atau leukemia adalah kanker jaringan pembentuk darah tubuh, termasuk sumsum tulang dan sistem limfatik. Penyakit ini biasanya melibatkan sel darah putih.

pada orang dengan leukemia, sumsum tulang akan menghasilkan sel darah putih abnormal dalam jumlah berlebihan yang tidak berfungsi dengan baik.

Sampai saat ini, penyebab leukemia masih belum diketahui secara pasti. Namun, hal ini kemungkinan terjadi dari kombinasi faktor genetik dan lingkungan.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cerita Denada Tolak Donasi untuk Pengobatan Leukemia Anaknya di Singapura"