Hagia Sophia

06 February 2023

Beda Cerita, Wanita Ini Justru Sudah 10 Kali Jadi Ibu Pengganti

Seorang ibu di Inggris ketagihan menjadi ibu pengganti. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Metode surogasi atau ibu pengganti kerap digandrungi pasangan yang tidak ingin mempunyai anak atau tidak bisa memiliki anak karena kondisi tertentu. Metode ini dicoba oleh beberapa artis Hollywood seperti Paris Hilton, Priyanka Chopra, hingga Kim Kardashian.

Seorang wanita di Huddersfield, Laura McCharty (33) mempunyai empat orang anak dari keluarganya sendiri dan telah membantu banyak pasangan untuk mempunyai momongan.

Pengalamannya ini dimulai sejak 11 tahun yang lalu, ketika ia melahirkan seorang bayi perempuan. Pada 2021, dia kembali melahirkan anak kembar untuk keluarga lain.

Metode yang digunakan oleh Laura adalah surogasi gestasional yang terjadi sebagai hasil dari IVF di mana sel telur dan sperma calon orang tua dimasukkan ke dalam rahim Laura. Artinya, secara genetik tidak ada bayi yang menjadi miliknya.

"Aku cinta menjadi ibu, itu adalah pekerjaan terbaik di dunia," ungkap Laura dikutip dari Daily Star.

"Aku suka aku bisa membantu seseorang memenuhi mimpi mereka untuk menjadi orangtua," lanjutnya.

Keinginan Laura untuk menjadi ibu pengganti usai melihat acara televisi. Saat itu, keluarganya sudah memiliki dua anak.

"Cinta tanpa syarat yang saya rasakan, saya berpikir betapa beruntungnya saya memilikinya dan berpikir jika saya dapat membantu orang lain, mengapa tidak?," tutur Laura.

"Saya ingin orang lain dapat memiliki cinta tanpa syarat untuk anak-anak mereka sendiri,"bebernya.

Laura mengenal setiap keluarga yang 'menyewanya' dan tetap menjaga kontak pascamelahirkan. Begitu anak-anak cukup besar untuk mengerti, mereka diberi lebih banyak informasi tentang bagaimana mereka dilahirkan.

Segera dia berharap memiliki bayi pengganti untuk seorang pria lajang dengan sel telur yang disumbangkan, meskipun dia belum hamil.

Selain itu, ia juga ingin mematahkan kesalahpahaman tentang ibu pengganti. Hal ini dikarenakan profesi ibu pengganti akan 'mendapatkan banyak uang'.

Hukum Inggris menyatakan bahwa seseorang tidak dapat membayar pengganti, mengharapkan biaya yang masuk akal. Laura mengatakan bahwa apa yang dia lakukan bukanlah layanan dan dia tidak diizinkan untuk beriklan, meskipun dia diizinkan untuk 'meningkatkan kesadaran'.

Laura yang merupakan mantan perawat melahirkan 9 anaknya (termasuk anaknya sendiri) di Calderdale Royal Hospital. Sementara itu, ia berharap agar bisa hamil lagi untuk yang ke-10 kalinya.

Ia ingin membantu seorang pria lajang yang ingin mempunyai anak dengan bantuan donor sel telur dari wanita lain.

"Aku ingin terus membantu orang-orang untuk memiliki keluarga."

"Jika tubuhku sampai pada tahap di mana aku kesulitan untuk hamil, maka saat itu baru garis batas diperlukan," tambah Laura.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kisah Wanita Ketagihan Sewakan Rahim, Sudah 10 Kali Jadi Ibu Pengganti"