Hagia Sophia

06 February 2023

Liga Spanyol: Barcelona Menang Mudah Atas Sevilla 3-0

Barcelona menggasak Sevilla 3-0. (Foto: REUTERS/ALBERT GEA)

Barcelona belum terbendung di Liga Spanyol. Barca memetik kemenangan mudah atas Sevilla dengan skor akhir 3-0.

Barcelona menjamu Sevilla di Stadion Camp Nou, Senin (5/2/2023) dinihari WIB. Seluruh gol kemenangan Barca terlahir di paruh kedua melalui Jordi Alba, Gavi, dan Raphinha.

Kemenangan atas Sevilla menandai Barcelona tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan berturut-turut di LaLiga. Alhasil Barca semakin mantap di puncak klasemen usai mengoleksi 53 poin, unggul delapan poin dari juara bertahan Real Madrid di bawahnya.

Sementara itu Sevilla kian terpuruk. Pasukan Jorge Sampaoli ini menempati peringkat 16 dengan 21 poin, hanya dua poin di atas Cadiz di zona degradasi.

Jalannya Pertandingan

Barcelona mengawali dengan cedera Sergio Busquets hanya setelah pertandingan belum genap 10 menit. Busquets keluar untuk digantikan Franck Kessie.

Setelah itu Barcelona nyaris mendominasi total permainan. Sebuah peluang bagus diciptakan Barcelona pada menit ke-26. Sepakan Robert Lewandowski dari luar kotak penalti memaksa Yassine Bounou melakukan penyelamatan gemilang dengan satu tangan.

Sevilla baru merespons 12 menit kemudian. Kerja sama Youssef En-Nesyri dengan Ivan Rakitic di kotak penalti diteruskan Gueye dengan sepakan. Bola masih melenceng dari sasaran. Skor 0-0 menandai akhir babak pertama.

GOL! Kebuntuan terpecah di menit ke-58. Jordi Alba menjebol gawang Sevilla untuk membawa Barcelona memimpin 1-0.

Umpan silang Andreas Christensen diterima Rapinha di kotak penalti. Sodoran Raphinha kepada Franck Kessie diakhiri dengan umpan terobosan di sisi kiri. Jordi Alba berdiri tidak terkawal lalu melepaskan tembakan mendatar ke arah tiang jauh.

Pada menit ke-70, gol yang ditunggu-tunggu Barcelona akhirnya terlahir. Gavi menggandakan keunggulan Barca atas Sevilla menjadi 2-0.

Raphinha mendapatkan umpan panjang dari belakang lalu melepaskan umpan dari sisi kanan kotak penalti. Bola gagal dijangkau Lewandowski di tiang dekat. Gavi mengecoh lini belakang Sevilla sebelum menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Tujuh menit kemudian, Lewandowski hampir saja mencatatkan namanya di papan skor. Eksekusi tendangan bebas Lewandowski menembus pagar hidup Sevilla meski bola masih melebar tipis.

Barcelona memporak-porandakan Sevilla. Raphinha merobek gawang tim tamu sehingga kedudukan kini 3-0 pada menit ke-79.

Umpan lambung Frenkie de Jong kepada Jordi Alba diteruskan dengan crossing ke depan gawang. Raphinha dengan mudah melakukan sontekan dari jarak dekat.

Susunan Pemain

BARCELONA: Ter Stegen, Jordi Alba (Balde 83'), Christensen, Kounde, Araujo (Marcos Alonso 80'), Busquets (Kessie 8'), De Jong, Pedri, Gavi (Ansu Fati 80'), Raphinha (Ferran Torres 84'), Lewandowski

SEVILLA: Yassine Bounou, Rekik, Acuna (Ocampos 65'), Montiel, Bade, Rakitic, Gudelj, Oliver Torres (Bryan Gil 46', Joan Jordan, Gueye (Fernando Reges 83'), Youssef En-Nesyri (Lamela 46')























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Barcelona Vs Sevilla: Barca Gasak Los Rojiblancos 3-0"