Hagia Sophia

06 February 2023

Kemenkes: Jangan Beli Obat Sendiri Dulu, Kunjungi Dokter

Kemenkes mengimbau masyarakat untuk tak membeli obat sendiri di apotek (Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato)

Kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada anak ditemukan lagi, teridentifikasi di DKI Jakarta. Juru bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril menyebut, dari dua kasus yang dilaporkan, satu pasien masih berstatus suspek. Sementara satu kasus lainnya terkonfirmasi meninggal dunia setelah mengalami keluhan demam dan meminum obat sirup penurun demam.

"Penambahan kasus tercatat pada tahun ini, satu kasus konfirmasi GGAPA dan satu kasus suspek," beber Syahril, Senin (6/2/2023).

Terkait penemuan tersebut, Kepala Biro Komunikasi Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi mengimbau masyarakat untuk tidak membeli obat sendiri terlebih dahulu di apotek. Hal ini berguna untuk mengantisipasi adanya penambahan kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal ini.

Apabila anak sakit, Kemenkes menyarankan sebaiknya dibawa ke fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkan obat dari dokter.

"Kalau sampai saat ini faskes masih menggunakan obat puyer ya," ucapnya, Senin (6/2).

"Tapi paling baik konsultasi ke nakes. Jangan beli obat sendiri dulu," imbuhnya lagi.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Stop! Kemenkes Minta Warga Tak Beli Obat Sendiri Dulu, Lebih Baik ke Dokter"