Hagia Sophia

06 February 2023

Terkait Kanker Payudara, Nunung Srimulat Baru Periksakan Setelah Benjolan Membesar

Nunung mengidap kanker payudara. (Foto: Instagram @nunung63.official)

Komedian legendaris Nunung baru-baru ini diketahui mengidap kanker payudara. Ia mengaku pertama kali mencurigai ketika menemukan benjolan kecil di bagian payudaranya.

"Awalnya cuma ada benjolan kecil, aku pikir biasa, nggak mikir sampai ke situ," kata Nunung dikutip dari Intens Investigasi.

Kecurigaannya semakin menjadi ketika merasakan benjolan tersebut semakin besar seiring berjalannya waktu, disertai dengan rasa sakit yang sangat menganggunya sampai-sampai tak kuat membawa tas.

Tak hanya itu, faktor genetik juga Nunung akui membuatnya semakin curiga dan segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebagai informasi, selain Nunung, ibu, ayah, dan kakaknya juga mengidap penyakit kanker sebelumnya.

"Awalnya saya diemin tapi kok ganggu, di ketiak makin gede sampai bawa tas saja udah nggak kuat. Akhirnya dokter cek terus dia curiga karena ada turunan akhirnya harus USG dan mamografi itu dulu," ucapnya.

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata benjolan pada payudaranya sudah mencapai sekitar 2 sentimeter.

Bukan hanya Nunung, kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak ditemukan pada masyarakat Indonesia. Terlebih karena seringkali tak disadari banyak orang sehingga terlambat mendeteksi.

Berikut adalah sejumlah gejala awal kanker payudara yang dapat diwaspadai agar dapat mendeteksi sejak dini.

Perubahan pada kulit area payudara

Tanda awal kanker payudara seringkali ditandai dengan perubahan pada bagian kulit, seperti pembengkakan, iritasi, kemerahan, atau perubahan lain yang dapat terlihat pada satu atau kedua payudara.

Perubahan ukuran atau bentuk

Ukuran dan bentuk payudara yang berubah juga dapat menjadi gejala awal kanker payudara yang perlu diwaspadai. Bila terdapat perubahan ukuran dan bentuk seiring berjalannya waktu, segera periksakan ke dokter untuk memastikan lebih lanjut.

Perubahan pada puting

Perubahan bentuk dari satu atau kedua puting, juga cairan lain yang keluar dari puting selain ASI bisa menandakan adanya kondisi tertentu pada payudara, termasuk kanker payudara.

Rasa sakit

Rasa sakit atau dapat berupa rasa nyeri pada area payudara, bisa pada salah satu payudara atau keduanya.

Benjolan

Benjolan atau gumpalan yang dapat terasa di luar ataupun di bagian dalam payudara. Perlu juga menjadi perhatian bila gumpalan atau benjolan ini tak kian mengecil atau bahkan membesar seiring berjalannya waktu.






 
















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kena Kanker Payudara, Nunung Baru Tes Setelah Benjolan Membesar hingga 2 Cm"