Hagia Sophia

06 February 2023

Liga Italia: Spezia Takluk dari Napoli 0-3

Napoli menang 3-0 atas Spezia. Foto: AFP/ALBERTO PIZZOLI

Napoli sukses membungkam Spezia 3-0 dalam giornata ke-21 Liga Italia musim ini. Tambahan tiga poin membuat skuad asuhan Luciano Spalletti kian kukuh sebagai capolista.

Bermain di Stadion Alberto Picco, Minggu (5/2/2023), Spezia mengancam lebih dulu di menit ke-4, namun tembakan jarak jauh Kevin Agudelo melambung di atas gawang.

Napoli balas menekan di menit ke-11. Umpan sepak pojok Mario Rui berhasil disambut Giovanni Di Lorenzo, namun arahnya masih melebar dari sasaran. Pada menit ke-17, tendangan jarak jauh Piotr Zielinski berhasil diamankan Bartlomiej Dragowski.

Spezia kembali memiliki peluang melalui tembakan jarak jauh Daniele Verde di menit ke-19, namun arahnya melambung. Napoli lewat Khvicha Kvaratskhelia memiliki dua peluang pada menit ke-25 dan 37, namun tak ada yang berujung gol.

Jelang babak pertama usai, Hirving Lozano juga melakukan percobaan jarak jauh, namun tetap tak menghasilkan gol. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-47, Napoli berhasil memecah kebuntuan. Handball Arkadiusz Reca di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Kvaratskhelia maju sebagai eksekutor, dan sukses menaklukkan Dragowski.

Keunggulan tim tamu bertambah pada menit ke-68. Sebuah serangan Napoli dari sayap kiri menghasilkan kemelut di depan gawang Spezia. Dragowski berupaya mengambil bola, namun Victor Osimhen unggul dalam duel udara dan menyundul bola masuk ke gawang lawan.

Napoli semakin tak terkejar usai Osimhen mencetak gol kedua di laga ini pada menit ke-73. Blunder Mattia Caldara di dekat gawang sendiri membuat Kvaratskhelia berhasil merebut bola lalu diteruskan kepada Osimhen.

Dalam kondisi bebas tak terkawal, striker Nigeria itu dengan tenang menjebol gawang Spezia. Skor 3-0 bertahan hingga usai.

Hasil ini memantapkan posisi Napoli di puncak klasemen Serie A dengan 56 poin. Sedangkan Spezia ada di posisi 17 dengan 18 poin.

Susunan pemain

Spezia: Dragowski, Ampadu, Caldara (Krollis 76'), Nikolaou, Amian, Esposito (Wisniewski 86'), Bourabia, Agudelo, Reca, Verde (Cipot 76'), Shomurodov (Maldini 76').

Napoli: Meret, Mario Rui (Olivera 74'), Kim Min-jae, Rrahmani, Di Lorenzo, Zielinski (Elmas 62'), Lobotka, Anguissa, Kvaratskhelia (Ndombele 74'), Osimhen (Simeone 82'), Lozano (Politano 46').

























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Spezia Vs Napoli: Menang 3-0, Partenopei Kian Kukuh di Puncak"