Hagia Sophia

06 February 2023

Liga Jerman: Wolfsburg Kalah dari Bayern Munich 2-4

Foto: AP/Michael Sohn

Bayern Munich akhirnya kembali ke jalur kemenangan di Bundesliga. Meski bermain dengan kekurangan pemain, Bayern sukses menghempaskan tuan rumah Wolfsburg 4-2.

Bayern menyambangi Die Wolfie pada Minggu (5/2/2023). Kingsley Coman mencetak dua gol di pertandingan ini, sedangkan sisanya disumbangkan Thomas Mueller dan Jamal Musiala. Sementara itu dua gol balasan Wolfsburg dicetak Jakub Kaminski dan Mattias Svanberg.

Die Roten bermain dengan 10 orang sejak awal babak kedua setelah Joshua Kimmich diacungi kartu merah (dua kartu kuning). Sekalipun insiden ini pada akhirnya tetap tidak memengaruhi keunggulan Bayern.

Kemenangan atas Wolfsburg berarti Bayern sukses memutus tiga hasil seri berturut-turut di Bundesliga. Bayern berhak menguasai puncak klasemen Liga Jerman setelah mengumpulkan 40 poin, unggul satu poin dari Union Berlin, dan tiga poin dari Borussia Dortmund. Sedangkan Wolfsburg menempati peringkat ketujuh setelah mengoleksi 29 poin, selisih lima poin dari Freiburg (6), di zona kompetisi Eropa.

Jalannya Pertandingan

Bayern langsung ngegas. Kingsley Coman membuka keunggulan Bayern pada menit kesembilan. Sodoran Alphonso Davies diterima Coman di sisi kiri, lalu menggiring bola sebelum mengakhiri dengan sebuah tendangan melengkung.

Bola mengarah kepada Thomas Mueller di dekat tiang gawang. Namun, Mueller gagal menjangkau bola begitupun dengan kiper Koen Casteels sehingga bola bersarang di gawang Wolfsburg. Bayern memimpin 1-0.

Coman kembali menggetarkan gawang Wolfsburg hanya lima menit berselang. Serbuan Bayern diakhiri Joao Cancelo dengan sebuah umpan silang dari sayap kanan. Coman berdiri di tengah kotak penalti sebelum menyelesaikan dengan tendangan voli kaki kanan sekaligus mengubah skor menjadi 2-0.

GOL! Bayern semakin memperbesar keunggulannya atas Wolfsburg. Mueller mencetak gol ketiga Bayern sekaligus menjadikan skor kini 3-0 di menit ke-19.

Dari situasi tendangan bebas, Joshua Kimmich mengirim crossing dari sisi kiri. Bola disambut Mueller dengan sundulan yang menaklukkan penjagaan Koen Casteels.

Bayern nyaris mencetak gol keempatnya di menit ke-23. Cancelo menginspirasi serangan Bayern dengan melakukan tusukan sebelum melepaskan umpan silang. Leon Goretzka berlari untuk menyambut bola di posisi bebas, tapi sundulannya gagal menyentuh bola.

Keputusan Wolfsburg memainkan Jakub Kaminski terbukti jitu. Pemain pengganti itu mencetak gol balasan Wolfsburg jelang turun minum untuk mengubah skor menjadi 1-3.

Paulo Otavio mengirim umpan terobosan yang membebaskan Kaminski dari jebakan offside. Kaminski kemudian menyelesaikan dengan sepakan mendatar ke sudut bawah gawang Bayern.

Wolfsburg menebar ancaman selepas turun minum. Di menit ke-52, kerja sama Bote Baku dan Patrick Wimmer diakhiri dengan sebuah umpan silang ke tengah kotak penalti. Mattias Svanberg jatuh saat hendak menyambut bola sehingga gagal menguji Yann Sommer.

Petaka bagi Bayern Munich bermain dengan 10 orang! Kimmich diusir dari area permainan setelah diganjar kartu kuning kedua (kartu merah) karena mengganjal Maximilian Arnold.

Bayern membuktikan tidak terpengaruh dengan kartu merah Kimmich. Pada menit ke-72, Bayern justru mencetak gol keempatnya dari Jamal Musiala.

Sodoran Benjamin Pavard kepada Musiala diteruskan dengan aksi individu dari sisi kanan. Musiala menembus tengah pertahanan Wolfsburg sebelum melepaskan tembakan mendatar ke sudut bawah gawang. Bayern 4, Wolfsburg 1.

Wolfsburg belum menyerah. Pada menit ke-80, Wolfsburg mencetak satu gol tambahan guna menjadikan skor kini 2-4 masih untuk keunggulan Bayern Munich.

Sebuah bola liar di dalam kotak penalti dikuasai Lukas Nmecha. Bola terlepas dari kaki Nmecha sebelum diselesaikan Svanberg dengan tembakan ke sisi jala atas gawang Bayern. Wolfsburg 2, Bayern 4.

Pada 10 menit terakhir, Yannick Gerhardt mencetak gol ke gawang Bayern Munich. Wasit menganulir gol tersebut setelah adanya pelanggaran dari Baku terhadap Goretzka.

Susunan Pemain

WOLFSBURG: Casteels, Paulo Otavio (Paredes 66'), Bornauw, Lacroix (Kaminski 30'), Van de Ven, Arnold (Gerhardt 78'), Svanberg, Baku, Nmecha (Wind 74'), Wimmer (Omar Marmoush 66'), Wind

BAYERN MUNICH: Sommer, Cancelo (Daley Blind 78'), Pavard, De Ligt, Goretzka, Kimmich, Mueller (Stanisic 60'), Coman (Gnabry 55'), Sane (Tel 60') Davies, Musiala (Wanner 78')
























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Wolfsburg Vs Bayern: 10 Pemain Die Roten Jinakkan Die Wolfie 4-2"