Hagia Sophia

27 February 2023

PeduliLindungi Mulai Besok Akan Jadi Satu Sehat

Foto: Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi (Rolando FS/detikcom)

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) Setiaji menyebut nama PeduliLindungi sebagai aplikasi skrining COVID-19 mulai besok bakal 'lenyap' dari smartphone. Namun, masyarakat diminta tidak menghapus aplikasi lantaran PeduliLindungi otomatis berubah menjadi Satu Sehat.

"Iya benar mulai besok bakal digantikan Satu Sehat. Tidak perlu install ulang, nanti hanya butuh upgrade aplikasi," kata dia saat dikonfirmasi detikcom Senin (27/2/2023).

Seperti diketahui, aplikasi Satu Sehat bakal mencakup data riwayat medis pasien lebih lengkap, tidak hanya terkait COVID-19 melainkan seluruh penyakit. Hal ini akan memudahkan pasien saat berobat ke dokter lantaran tidak perlu membawa sederet dokumen sebagai data penunjang pemeriksaan di faskes.

"Artinya jadi lebih luas bukan hanya COVID tapi seluruh penyakit juga akan tercover di sana," beber dia.

Selain itu, Satu Sehat memiliki fitur untuk melacak berapa ribu langkah pengguna aplikasi untuk memantau aktifnya keseharian seseorang. "Kalau jalan lima ribu langkah, bisa dapat poin nanti ditukar vitamin," sambung dia.

Tidak hanya itu, pasien juga bisa mengambil nomor antrean di fasilitas kesehatan terdekat melalui aplikasi Satu Sehat. Riwayat vaksin juga masih bisa dilihat dalam aplikasi pengganti PeduliLindungi, tidak hanya terkait COVID-19 melainkan vaksin jenis lain.

"Sampai pengingat minum obat juga tersedia di Satu Sehat," lanjut Setiaji.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "PeduliLindungi Bakal 'Hilang' dari HP? Tenang, Mulai Besok Ganti Jadi Satu Sehat"