Hagia Sophia

16 March 2023

Beberapa Jenis Makanan yang Bisa Tingkatkan Kesuburan

Tomat merupakan salah satu makanan bikin kesuburan meningkat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Grahamphoto23

Pasutri yang tengah menantikan buah hati mungkin menjajal cara ini-itu untuk meningkatkan kesuburan. Namun dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, diperkirakan sekitar satu dari lima orang mengalami kesulitan untuk mencapai kehamilan dalam kurun waktu satu tahun percobaan.

Kondisi infertilitas atau ketidaksuburan dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti ketidakseimbangan hormon, kualitas sel telur yang buruk, dan kondisi sperma yang kurang sehat.

Tenang dulu. Ada sejumlah makanan yang bisa dicoba untuk meningkatkan kesuburan. Dikutip dari Eating Well, begini penjelasannya:

1. Ikan sarden
Sarden adalah ikan yang sangat kaya akan kandungan omega-3 sehingga bisa menjadi pilihan yang pas bagi pasangan yang ingin meningkatkan kesuburan. Menurut penelitian pada 2018, pasangan yang mengonsumsi lebih banyak ikan memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mencapai kehamilan.

Sarden juga memiliki kandungan merkuri yang rendah sehingga tergolong aman untuk dikonsumsi dalam masa kehamilan.

2. Susu full fat
Sejumlah data menunjukkan bahwa produk susu dengan lemak penuh atau full fat bisa membantu mengurangi risiko infertilitas.

3. Daging berlemak rendah
Daging, khususnya potongan yang berlemak rendah, memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan bermanfaat bagi tubuh. Daging berlemak rendah juga mengandung mineral zinc yang bermanfaat bagi kesehatan sel telur juga bagi kesehatan sel sperma.

4. Gandum
Oats atau gandum memiliki segudang kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Di antaranya adalah vitamin B, zat besi, dan serat-serat yang baik untuk kesehatan jantung. Gandum juga dipercayai memegang peran penting dalam menjaga kesehatan lapisan rahim agar tetap sehat dan terjaga ketebalannya.

5. Tomat
Kegagalan dalam kehamilan tak hanya dipengaruhi oleh faktor kesuburan wanita, tetapi juga dipengaruhi dari sisi pria. Berdasarkan sebuah survei oleh The Lancet pada 2021, menunjukkan bahwa sekitar 50 persen pasangan yang mengalami kegagalan dalam kehamilan dipengaruhi oleh faktor kesuburan pria sebagai faktor utamanya.

Salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kesuburan pada pria adalah tomat. Tomat memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi kesuburan.

6. Kacang walnut
Sama seperti ikan sarden, kacang walnut juga memiliki kandungan omega-3 yang melimpah. Berdasarkan data pada 2019, diketahui pria yang mengonsumsi 42 gram kacang walnut setiap hari secara rutin selama 3 bulan mengalami peningkatan kesehatan sperma dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen kesehatan.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Makanan Terbaik buat Bikin Kesuburan Makin Jos, Pasutri Boleh Cobain!"