Hagia Sophia

16 March 2023

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Lontong Sayur? Ini Kata Ahli

Ilustrasi ibu hamil. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Pada masa kehamilan, tentu ibu harus menjaga pola makan sehat dan memperhatikan kandungan makanan yang dikonsumsi agar tak membahayakan kesehatan buah hati.

Lontong sayur adalah makanan khas Indonesia yang banyak digemari. Menu ini mengandung berbagai rempah dan bahan, mulai dari lontong yang terbuat dari beras, labu, tempe, tahu, telur, ayam, hingga santan.

Kandungannya yang beragam tak jarang membuat banyak orang menanyakan apakah menu yang satu ini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama mengenai kandungan santannya.

Menurut dr Alexander Mukti, SpOG, dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi Eka Hospital Cibubur, konsumsi makanan bersantan selama masa kehamilan tidak dilarang.

"Tapi kandungan santan perlu diperhatikan karena bisa menyebabkan perut tak nyaman. Sebenarnya, semua yang ibu hamil makan akan tergantung dengan kondisi perut atau sistem pencernaannya. Bila merasa tidak ada masalah atau tidak sensitif, ibu hamil bisa makan takjil saat berbuka puasa," ujar dr Alex, dikutip dari HaiBunda.

Meski santan dianggap tidak berbahaya untuk dikonsumsi oleh bumil, namun konsumsinya juga tetap harus diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah pencernaan.

dr Alex menyarankan, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan bersantan jika khawatir perihal dampaknya terhadap pencernaan.

"Untuk menghindari masalah pencernaan, ada baiknya tak mengonsumsi makanan mengandung santan. Lebih baik konsumsi makanan bergizi seimbang yang baik untuk perkembangan janin," ungkapnya.

Dokter spesialis gizi klinik, dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK, juga menjelaskan permasalahan lain yang bisa timbul dari mengonsumsi santan bila tidak diperhatikan keseimbangannya.

Selain permasalahan kesehatan, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kandungan lemak yang ada dalam santan.

"Saat hamil sebenarnya kita sudah memiliki level kolesterol yang tinggi dalam darah karena untuk memproduksi hormon kehamilan seperti estrogen dan progesteron. Tapi, jika kadar kolesterolnya terlalu tinggi bisa menyebabkan hipertensi dan risiko lainnya," jelas dr Juwalita.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Amankah Bumil Makan Lontong Sayur? Begini Saran Dokter"