Hagia Sophia

16 March 2023

Tips untuk Atasi Hidung Tersumbat dengan Mudah

Foto: Brittany Colette/Unsplash

Hidung tersumbat atau mampet merupakan salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh banyak orang yang bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan sulit bernapas. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui tentang berbagai cara mengatasi hidung tersumbat sendiri di rumah. Untuk kamu yang ingin tahu apa saja caranya, mari simak pembahasannya di bawah ini sampai selesai!

Penyebab Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat bisa terjadi disebabkan oleh berbagai macam faktor. Dilansir dari laman Healthline, berikut ini adalah penyebab hidung tersumbat:
  • Alergi, ketika seseorang terpapar oleh zat-zat penyebab alergi maka tubuh akan menimbulkan reaksi yang salah satunya mungkin hidung tersumbat atau mampet.
  • Polip hidung, yaitu pertumbuhan jaringan yang tidak normal dalam rongga hidung yang menyebabkan hidung tersumbat dan sulit untuk bernapas.
  • Iritasi lingkungan, seperti polusi udara, debu, asap rokok, dan bahan kimia dapat menyebabkan hidung tersumbat.
  • Sinusitis akut, pada saat terjadi sinusitis, jaringan di dalam hidung meradang dan membengkak sehingga rongga hidung menyempit.
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mudah

Hidung tersumbat dapat menimbulkan rasa tidak nyaman karena penderitanya akan lebih kesulitan untuk bernapas. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat atau mampet dengan mudah.

1. Minum Obat Antihistamin
Dilansir dari laman Healthline, obat antihistamin bisa membantu untuk mengatasi hidung tersumbat yang disebabkan oleh alergi. Antihistamin akan bekerja dengan menghambat efek histamin, yaitu zat terkait peradangan yang dilepaskan tubuh sebagai respons terhadap alergi.

2. Gunakan Humidifier
Menggunakan humidifier di dalam ruangan yang sering kamu tempat dapat membantu melembabkan udara di dalam ruangan tersebut. Menghirup udara yang lembab dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan mengalami penyempitan rongga hidung.

3. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat juga bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mengatasi hidung tersumbat atau mampet. Menghirup uap dari air hangat bisa membantu untuk melembabkan saluran hidung dan meredakan hidung tersumbat.

4. Gunakan Minyak Esensial
Minyak esensial seperti minyak peppermint, eucalyptus, dan lavender bisa membantu untuk mengatasi hidung tersumbat. Beberapa minyak esensial tersebut membantu untuk membuka saluran hidung sehingga bisa mengurangi gejala hidung tersumbat.

5. Gunakan Saline Spray
Dilansir dari laman WebMD, salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat bisa juga dengan menggunakan saline spray. Semprotan saline hidung bisa membantu untuk meningkatkan kelembaban di rongga hidung serta membantu untuk mengencerkan lendir.

6. Mengoleskan Minyak Kayu Putih
Mengoleskan minyak kayu putih di sekitar area hidung bisa membantu mengatasi hidung tersumbat. Minyak kayu putih bisa membantu membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi sinus serta meredakan peradangan pembuluh darah secara bertahap.

7. Manfaatkan Bawang Putih
Bawang putih mengandung senyawa allicin yang bisa membantu mengurangi peradangan dan membuka saluran hidung. Bawang putih juga menunjukkan efek antivirus yang bisa mencegah flu yang menjadi pemicu hidung tersumbat.

8. Konsumsi Teh Herbal
Teh herbal bisa membantu untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan karena hidung tersumbat. Misalnya teh chamomile yang memiliki senyawa antiinflamasi yang membantu untuk mengurangi peradangan pada saluran hidung.

9. Tetap Terhidrasi
Tetap terhidrasi adalah salah satu hal yang penting agar bisa mengatasi hidung mampet. Minum banyak air bisa membantu untuk mengencerkan lendir di saluran hidung sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

10. Istirahat Cukup
Istirahat dengan cukup bisa membantu tubuh untuk memulihkan diri dan mengatasi berbagai gejala hidung tersumbat. Istirahat cukup bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan tidur setiap hari, sekitar 8 jam di malam hari.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat atau Mampet dengan Mudah"