Hagia Sophia

03 March 2023

Bill Gates: Pandemi Bisa Saja Lebih Fatal dari Sekarang

Bill Gates Cemas Pandemi Selanjutnya Tewaskan Ratusan Juta Orang. Foto: AFP via Getty Images/MANDEL NGAN

Bill Gates masih getol berbicara mengenai pandemi, khususnya ancaman yang mungkin akan dihadirkan pasca pandemi Corona. Jika tidak hati-hati dan tidak ada langkah antisipasi, maka mungkin saja korban banyak berjatuhan.

"Yang menyedihkan, pandemi berikutnya bisa saja lebih fatal dari ini. Maksudku, pandemi (Corona) ini, membunuh lebih dari 20 juta orang, kebanyakan orang yang sudah tua," kata sang pendiri Microsoft dalam kunjungannya ke India baru-baru ini.

"Kalian bisa mengalami pandemi yang akan membunuh ratusan juta orang, dengan fatalitas seperti cacar. Dan mungkin saja akan berisiko pada anak-anak muda yang untungnya tidak terjadi di pandemi ini," tambah dia.

Untuk mencegah pandemi mematikan semacam itu, Bill Gates meminta agar para pemerintah di seluruh dunia jangan sampai lengah. "Aku secara pribadi belum puas dengan persiapan untuk pandemi selanjutnya, kita harus lebih cepat dalam diagnosa, lebih cepat membuat vaksin dan obat," tambahnya.

Bukan sekali saja Bill Gates mengutarakan hal yang sama. Saat berbicara di Munich Security Conference di Jerman Fabruari lalu, Gates mengatakan calon pandemi di masa depan kemungkinan akan disebabkan oleh patogen lain yang berbeda dengan keluarga virus corona.

Tapi ia menambahkan kemajuan di teknologi kesehatan bisa membantu negara-negara mengatasi pandemi ini, jika semuanya mulai berinvestasi sekarang. "Kita akan mengalami pandemi lain. Itu akan menjadi patogen yang berbeda di masa depan," kata Gates

Pria berusia 66 tahun ini menambahkan negara-negara harusnya bergerak dengan lebih cepat untuk mengembangkan dan mendistribusikan vaksin. Ia juga mengajak negara-negara untuk berinvestasi sekarang.

"Biaya mempersiapkan diri untuk pandemi selanjutnya tidak begitu besar. Tidak seperti perubahan iklim. Jika kita rasional, ya, selanjutnya kita bisa mengatasinya lebih awal," ucap Bill Gates.























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Bill Gates Cemas Pandemi Selanjutnya Tewaskan Ratusan Juta Orang"