Hagia Sophia

03 March 2023

Ruang Tersembunyi yang Terdapat di Piramida Mesir Terlihat untuk Pertama Kalinya

Ruangan Misterius di Dalam Piramida Terlihat untuk Pertama Kalinya. Foto: BBC

Ruangan koridor tersembunyi misterius yang berada di dalam Piramida Giza di Mesir, Mesir terlihat untuk pertama kalinya. Sebenarnya, para ilmuwan menemukan lorong tersebut tahun 2016 tapi mereka tak ingin merusak peninggalan berusia 4.500 tahun untuk mendapatkan akses ke situ.

Maka, digelar proyek untuk mengintip rahasia yang mungkin dimiliki rongga itu. Memakai kamera endoskopik dan teknik yang disebut radiografi muon sinar kosmik, para ahli dapat memetakan koridor itu untuk pertama kalinya dan memastikan panjangnya 9 meter dan lebar 2,1 meter.

Lantas apa kegunaannya? Kemungkinan, seperti dikutip detikINET dari Daily Mail, struktur itu dirancang untuk membantu mendistribusikan bobot piramida di sekitar pintu masuk atau ruang lain yang belum ditemukan.

Piramida Mesir setinggi 146 m ini, yang dibangun sebagai tempat pemakaman kerajaan sekitar tahun 2560 SM, adalah satu-satunya dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno yang masih berdiri hingga saat ini.

Pembangunan koridor itu belum selesai dan juga dapat menambah pengetahuan tentang bagaimana piramida ini dibangun. Penelitian pun akan dilanjutkan untuk mengetahui lebih banyak lagi struktur tersembunyi yang ada di dalam Piramida.

"Kami akan melanjutkan pemindaian sehingga kami akan melihat apa yang bisa kami lakukan untuk mencari apa yang bisa kami temukan di bawahnya, atau di ujung koridor ini," kata Mostafa Waziri, kepala Supreme Council of Antiquities.

Lima ruangan di atas ruang pemakaman raja di bagian lain piramida juga diperkirakan dibangun untuk mendistribusikan kembali bobot struktur masif.

Penemuan koridor itu merupakan bagian dari proyek Pindai Piramida, yang selama tujuh tahun terakhir memakai teknologi khusus termasuk termografi inframerah, simulasi 3D, dan endoskopi untuk mengintip ke dalam struktur. Meski menjadi salah satu monumen tertua dan terbesar di Bumi, belum ada konsensus tunggal bagaimana Piramida dulu dibangun.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Ruangan Misterius di Dalam Piramida Terlihat untuk Pertama Kalinya"