Hagia Sophia

03 March 2023

Flu Burung Mulai Mewabah, Amankah Makan Daging Ayam?

Foto: (unsplash)

Belakangan lagi heboh soal virus flu burung yang menular ke manusia. Kasus terbaru ditemukan pada seorang wanita di China berusia 53 tahun. Ia dikabarkan mengalami gejala pada akhir Januari setelah melakukan kontak dengan unggas.

Adapun kasusnya terungkap seminggu setelah seorang gadis dan ayahnya dari Kamboja juga terinfeksi varian serupa. Gadis tersebut berusia 11 tahun, menjadi orang pertama di negara itu yang meninggal akibat flu burung sejak 2014.

Terkait kasus menularnya flu burung dari unggas ke manusia, banyak masyarakat yang menjadi was-was dan bertanya-tanya apakah daging ayam aman dikonsumsi?

Guru besar biologi molekuler dari Universitas Airlangga (Unair), Prof Chairul A Nidom menjelaskan bahwa virus flu burung memiliki karakter yang mudah mati karena pemanasan dan juga desinfeksi. Sebelum dijadikan karkas, seekor ayam biasanya akan melewati proses pemanasan pada waktu bulunya akan dicabut.

"Itu sudah cukup untuk menghilangkan virus yang ada di dalam daging," katanya dalam webinar Cegah Flu Burung Mulai dari Sekitar Kita, Kamis (2/3/2023).

Menurut Prof Nidom, yang jadi permasalahan bukan ayam yang sudah menjadi karkas, melainkan yang masih hidup. Pasalnya, ayam hidup berpotensi menularkan virus flu burung kepada manusia.

Karena hal tersebut, ia menyarankan masyarakat lebih baik membeli ayam yang sudah dikarkas atau melewati proses penyembelihan maupun desinfeksi, daripada ayam yang masih hidup.

"Karena ayam hidup itu berisiko membawa virus tersebut. Jadi dengan pemanasan yang dilakukan untuk pencabutan bulu, apalagi itu dilakukan pada suatu industri, maka itu sudah cukup," katanya.

"Mungkin buat yang memotong itu, buang-buangan air dari pemotongan itu harus diolah atau didisinfeksi. Tapi kalau dagingnya sih saya rasa tidak masalah, dan itu sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah virus itu masih hidup di dalam karkas," sambungnya lagi.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kasus Flu Burung Bikin Khawatir, Amankah Konsumsi Daging Ayam?"