Hagia Sophia

24 May 2023

Amankah Konsumsi Sashimi Saat Hamil Seperti Denise Chariesta? Ini Kata Ahli

Denise Chariesta. Foto: Instagram @denisechariesta91

Sosok Denise Chariesta kembali menuai sorotan netizen. Kali ini, gegara dirinya kalap mengkonsumsi sashimi, padahal dirinya sedang hamil. Tak sedikit netizen yang kemudian bertanya-tanya, apakah aman untuk ibu hamil mengkonsumsi sashimi dan makanan berbahan daging mentah? Bukankah berisiko?

"Kita party sashimi karena bumilnya sudah boleh makan makanan yang sashimi-sashimi-an," ungkap Denise dalam salah satu video yang diunggah ke akun YouTube miliknya, Senin (22/5/2023).

"Baby-nya happy," katanya lebih lanjut sembari menikmati hidangan sashiminya.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sashimi?

Menanggapi hal itu, pakar seks sekaligus spesialis obstetri dan ginekologi dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, menjelaskan sebenarnya boleh-boleh saja ibu hamil mengkonsumsi makanan berbahan daging mentah seperti sashimi. Asalkan, daging tersebut tidak terkontaminasi bahan berbahaya.

"Boleh saja sepanjang dagingnya tidak terkontaminasi kuman atau ikannya tidak terkontaminasi logam berat," terang dr Boyke saat dihubungi detikcom, Selasa (23/5).

Namun memang catatan dari dr Boyke, jika daging hewani yang dikonsumsi tersebut tidak higienis, ibu hamil berisiko mengalami diare. Jika sampai terjadi kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, kondisi janin dalam kandungan bisa ikut terganggu.

"Kalau sampai terjadi diare berat yang mengakibatkan dehidrasi, akan mengganggu pertumbuhan janinnya. Logam berat itu sendiri dapat mengakibatkan cacat pada janin," jelas dr Boyke lebih lanjut.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Denise Chariesta Kalap Makan Sashimi saat Hamil, Amankah? Ini Kata dr Boyke"