Hagia Sophia

24 May 2023

Tips Hilangkan Batuk dengan Obat Herbal dan Alami

Ilustrasi batuk. Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra

Batuk merupakan respon alami pada tubuh yang berfungsi membersihkan tenggorokan dari dahak, debu atau iritasi lainnya. Gejala batuk dapat berupa batuk kering yang membuat tenggorokan terasa tegang dan batuk basah yang berdahak.

Aksi batuk diawali dengan sistem saraf yang mengirim pesan ke batang otak lalu direspon. Hasilnya, otot-otot di dada dan perut akan beraksi yang mengakibatkan keluarnya batuk. Batuk bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari hingga pasiennya ingin segera sembuh.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan batuk di tengah kesibukan? Yuk simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini dikutip dari Medical News Today dan Health Shots.

Cara Menghilangkan Batuk

Penyakit batuk dapat dihilangkan dengan cara mengonsumsi obat bebas (OTC) atau yang tersedia di rumah. Obat herbal atau alami tentu dapat jadi alternatif bagi yang sedang batuk.

Namun sangat disarankan untuk mengkonsumsi obat sesuai resep dan setelah konsultasi dengan dokter. Berikut cara-cara menghilangkan batuk dengan obat herbal dan alami:

1. Minum Madu
Minum madu dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan hingga batuk. Madu merupakan salah satu obat tradisional yang pada saat ini telah banyak dimanfaatkan dan diolah sebagai varian obat.

Cara menghilangkan batuk dengan madu yaitu campurkan 2 sendok teh madu kedalam air hangat. Madu juga dapat dicampurkan kedalam teh herbal dan ditambahkan perasan lemon.

2. Minum Ramuan Kunyit
Ramuan kunyit mampu meredakan batuk, karena kunyit mengandung senyawa aktif misalnya kurkumin. Senyawa aktif ini memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri.

Cara menghilangkan batuk dengan meminum ramuan kunyit yang telah dicampur dengan lada hitam yang mampu meningkatkan bioavailabilitas kunyit membuat penyerapan kunyit pada tubuh lebih efektif.

3. Minum Ramuan Akar Tanaman Marshmallow
Akar marshmallow menjadi salah satu cara menghilangkan batuk karena mengandung lendir yang mampu melapisi tenggorokan dan meredakan iritasi. Akar marshmallow dapat ditemukan dalam bentuk teh atau kapsul.

4. Makan Nanas
Buah nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang dipercaya mampu menghilangkan dan meredakan batuk. Cara menghilangkan batuk dengan mengkonsumsi sepotong buah nanas atau minum 3,5 ons jus nanas segar.

Konsumsi jus nanas adalah sebanyak tiga kali sehari. Cara ini tidak disarankan untuk kamu yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah dan obat antibiotik. Jika masih ingin mengkonsumsi jus nanas, sebaiknya konsultasi lebih dulu dengan dokter.

5. Berkumur dengan Air Garam
Berkumur dengan air garam menjadi salah satu cara menghilangkan batuk. Air garam dapat membantu melegakan tenggorokan yang gatal dan mengencerkan lendir.

Pembuatan air garam adalah dengan mencampurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam pada air hangat lalu kumur-kumur dengan air tersebut. Cara ini tidak disarankan untuk anak berumur di bawah 6 tahun.

6. Minum Jahe
Minum jahe dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan hingga batuk. Jahe menjadi salah satu obat tradisional yang terkenal dan memiliki banyak manfaat.

Cara menghilangkan batuk dengan jahe yaitu pertama-tama potong akar jahe segar yang berukuran 3cm, lalu rebus dengan waktu 10 sampai 15 menit. Setelah mendidih, tuangkan rebusan tersebut ke dalam cangkir, dan minum.

Perlu diingat bahwa terlalu banyak jahe dapat menyebabkan efek samping. Misalnya iritasi tenggorokan, ketidaknyamanan perut, dan mulas.

7. Minum Teh Daun Thyme
Daun Thyme mengandung senyawa flavonoid yang mampu melegakan tenggorokan dan mengurangi peradangan. Sebelum digunakan, daun thyme bisa direbus lebih dulu sehingga bisa diambil ekstraknya.

Selanjutnya, sebanyak dua sendok teh ekstrak daun thyme ke dalam 1 cangkir air yang mendidih. Kemudian tunggu 10 menit, lalu disaring hingga siap dikonsumsi.

8. Minum Asam Jawa dan Gula Merah
Asam Jawa dan gula merah dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Ramuan ini dibuat dengan bahan 10 gram buah asam jawa, gula merah secukupnya, 1 gelas air hangat.

Bahan-bahan tersebut diseduh dengan segelas air panas, ditambahkan gula merah secukupnya, lalu diaduk hingga rata dan ramuan siap diminum. Ramuan ini menimbulkan rasa nyaman di tenggorokan.

9. Makan Buah Kapulaga
Buah Kapulaga dikenal dapat memberikan efek menenangkan dan mampu mencairkan dahak. Hal ini membuat buah kapulaga kerap kali dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah batuk.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama Siapkan 5 buah kapulaga yang sudah dicuci bersih sebelum digunakan. Selanjutnya, rebus buah kapulaga dengan segelas air mendidih lalu rebusan tersebut siap untuk diminum.

10. Minum Ramuan Jeruk Nipis
Jeruk nipis kaya kandungan zat anti mikroba yang dapat membantu memulihkan tenggorokan akibat infeksi. Karena itu, jeruk nipis kerap dijadikan sebagai obat untuk batuk kering.

Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat ramuan adalah jeruk nipis, kapur sirih, dan gula batu. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian.

Bagian yang terbelah kemudian dilumuri kapur sirih dan didiamkan beberapa saat. Selanjutnya, kulit luar jeruk nipis dibakar hingga berbuih dan diperas. Perasan air jeruk dicampur dengan gula batu, lalu diaduk dan siap diminum.

11. Minum Air Panas
Meminum air panas menjadi salah satu cara meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Air hangat juga dapat membantu mengencerkan lendir, hingga mudah dikeluarkan untuk meredakan batuk.

12. Konsumsi Daun Kemangi
Daun kemangi mengandung sifat anti bakteri untuk menghentikan batuk yang buruk. Cara menghilangkan batuk dengan daun kemangi yaitu kunyah beberapa daun kemangi dan Anda akan dapat mengatasi batuk.

13. Menghirup Uap
Menghirup uap bisa menjadi solusi sederhana yang dapat dilakukan di rumah untuk meredakan batuk. Uap udara didapatkan dengan cara merebus air dan memindahkannya ke dalam baskom atau dengan membeli alat pelembab udara (humidifier).

Humidifier dapat membantu memberi kelembaban pada udara yang akan dihirup sekaligus dapat membantu meredakan sinus. Untuk hasil terbaik anda dapat mencoba tingkat kelembaban dalam ruangan antara 40-50 persen.

14. Konsumsi Bawang Putih
Bawang putih mengandung sifat anti virus, anti bakteri, anti inflamasi yang efektif meredakan batuk dan pilek. Cara menghilangkan batuk dengan mengkonsumsi bawah putih adalah membuat pasta lebih dulu dan dicampur madu untuk mengatasi batuk kering.

15. Hindari Makanan Penyebab Alergi
Menghindari makanan penyebab alergi adalah salah satu cara efektif untuk mencegah batuk. Sesuai diagnosa dokter, batuk bisa menjadi salah satu bentuk reaksi alergi.

16. Hindari Makanan Pemicu Gastroesophageal Reflux (GERD)
Gastroesophageal Reflux (GERD) dapat terjadi karena isi perut mengalir kembali ke tenggorokan dan menyebabkan iritasi dan memicu terjadinya batuk. Contoh makanan yang memicu GERD seperti kafein, alkohol, coklat dan masih banyak lagi.

17. Hindari Merokok atau Asap Rokok
Cara menghilangkan batuk lainnya adalah menghindari rokok dan asapnya. Hasil pembakaran rokok yang dihirup dapat menyebabkan batuk semakin parah, hingga muncul rasa sakit di tenggorokan

Nah, Itulah 17 cara menghilangkan batuk dengan mudah dan sederhana tetapi jika batuk semakin parah konsultasikan ke dokter. Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Berikut 17 Cara Menghilangkan Batuk Dengan Obat Herbal Dan Alami"