Hagia Sophia

24 May 2023

Tips Keluarkan Dahak Secara Alami, dari Minum Air Hingga Pakai Uap

Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative

Dahak merupakan cairan lendir kental yang terdapat pada saluran pernafasan atas pada saat tubuh mengalami infeksi. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi penumpukan dahak di tenggorokan, seperti alergi, merokok, hingga radang.

Di samping itu, dahak juga memiliki manfaat tersendiri untuk saluran pernafasan, antara lain sebagai lapisan pelindung untuk menangkap benda-benda asing agar tidak menyebar ke seluruh tubuh, misalnya debu, kotoran, bakteri, dan virus.

Namun jika terjadi penumpukan dahak pada tenggorokan, hal tersebut justru akan terasa mengganggu aktivitas sehari-hari, dan harus segera dihilangkan atau dikeluarkan.

Maka dari itu berikut akan detikHealth rangkumkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dahak secara alami.

Cara Menghilangkan Dahak Secara Alami

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan dahak secara alami.

1. Jaga Kelembaban Udara
Dilansir dari laman Medical News Today, udara yang kering dapat menyebabkan iritasi hidung dan tenggorokan dan memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak lendir di tenggorokan. Maka dari itu selalu jaga kelembaban udara ruangan kamu agar mencegah iritasi hidung dan tenggorokan. Kamu bisa menempatkan humidifier pada kamar agar kelembaban ruangan tetap terjaga.

2. Perbanyak Minum Air Putih
Masih dilansir dari sumber yang sama, tubuh manusia perlu tetap terhidrasi demi terhindar dari penumpukan lendir di tenggorokan. Selain itu banyak minum air putih juga membantu mengangkat lendir yang menggumpal di tenggorokan. Maka dari itu jangan lupa minum dua liter air putih setiap hari.

3. Berkumur Dengan Air Garam
Air garam dipercaya dapat menenangkan tenggorokan yang teriritasi serta dapat membantu mengurangi lendir yang menumpuk di tenggorokan. Cara ini terbilang sangat efektif karena garam mengandung antiseptik yang mampu membunuh kuman dan mengurangi produksi lendir berlebih.

Detikers dapat mencampurkan satu sendok makan garam pada segelas air biasa atau hangat kemudian berkumurlah dengan air tersebut selama 30 detik dengan kepala yang sedikit mendongak ke atas. Lakukan cara tersebut selama beberapa kali dalam sehari dan konsisten.

4. Hindari Alkohol dan Kafein
Masih dari sumber yang sama, alkohol dan kafein dipercaya memiliki zat yang menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu ketika seseorang sedang memiliki dahak yang berlebih, hindarilah dua minuman tersebut, dan perbanyak minuman hangat dan juga tidak berkafein.

5. Hindari Rokok dan Vape
Dilansir dari laman Forbes, rokok dapat memperburuk kondisi pernafasan dan bisa memicu penumpukan dahak. Nikotin yang terkandung dalam rokok dan vape dapat menghambat dahak keluar dari tenggorokan dan menyebabkan penumpukan dahak.

6. Konsumsi Madu dan Lemon
Madu memiliki fungsi sebagai ekspektoran alami yang umumnya terdapat pada obat batuk atau salep gosok uap. Campuran madu dan lemon atau bisa juga diganti dengan jeruk nipis, dipercaya dapat mengurangi dahak, karena kaya akan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk pernapasan.

7. Konsumsi Madu dan Jahe
Dilansir dari laman Healthshots, campuran madu dan air jahe dipercaya dapat mengurangi penumpukan dahak yang terjadi pada tenggorokan. Jahe merupakan rempah alami yang memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat mengurangi pembengkakan pada tenggorokan, sedangkan madu dapat menenangkan tenggorokan.

8. Konsumsi Makanan Pedas
Cabai mengandung capsaicin yang berguna sebagai bahan bioaktif yang dapat mengencerkan lendir agar dapat lebih mudah dikeluarkan. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas karena dapat mengganggu saluran pencernaan.

9. Konsumsi Kencur
Kencur dipercaya mengandung borneol, methyl-coumaric acid, cinnamic acid ethyl-ester pentadecane, cinnamic aldehyde, dan camphene yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan dapat mengencerkan dahak. Detikers cukup memarut kencur yang sudah dicuci bersih kemudian diambil sari-sarinya dan ditambahkan segelas air lalu minumlah secara konsisten.

10. Menggunakan Uap Hangat
Dilansir dari Medical News Today, uap hangat berfungsi untuk membantu membuka saluran pernapasan dan mengencerkan dahak dalam tenggorokan. Mandi dengan air hangat dan membasuh wajah dengan air hangat juga dipercaya mampu meredakan tekanan sinus.

Penyebab Dahak yang Berlebih Pada Tenggorokan

Berikut merupakan beberapa penyebab dari penumpukan dahak pada tenggorokan dikutip dari laman Forbes.
  • Alergi
  • Asam lambung
  • Asma
  • Sinusitis
  • Bronkitis
  • Merokok
Demikian 10 cara mengurangi dan mengeluarkan dahak yang berlebih di tenggorokan. Perlu diperhatikan apabila dahak tak kunjung mereda, segera periksa masalah tersebut ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat detikers!

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami, Minum Air Sampai Pakai Uap"