Hagia Sophia

17 June 2023

Beberapa Tips untuk Ninggikan Badan 15 Cm dalam 1 Minggu

Ilustrasi tinggi badan pada dewasa. Foto: Getty Images/ruizluquepaz

Pertumbuhan tinggi seorang manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor genetik, jenis kelamin, dan usia. Namun bukan berarti seseorang tidak bisa bertambah tinggi badan melebihi standar genetik keluarganya sendiri.

Dalam tulisan ini akan dibahas cara meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

10 Cara Meninggikan Badan 15 cm dalam 1 Minggu

Dikutip dari situs BPSDM Provinsi Jambi, ada beberapa kebiasaan hidup sehat yang dapat menambah tinggi badan. Berikut adalah cara meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu:

1. Memperbaiki Postur Tubuh
Cara meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu bisa dimulai dengan memperbaiki postur tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan membiasakan posisi tubuh yang benar seperti ketika duduk dan juga tidur. Posisi tubuh postur tubuh yang tidak benar bisa menjadi faktor yang menghambat bertambahnya tinggi badan manusia.

2. Memberikan Waktu Tidur yang Cukup untuk Tubuh
Bukan merupakan hal yang sepele, ternyata jam tidur yang cukup dapat menjadi salah satu cara yang mempercepat pertumbuhan badan manusia. Ketika tidur, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan manusia atau HGH. Produksi hormon ini akan berkurang jika seseorang sering begadang dan tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang sewajarnya.

3. Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Nutrisi
Cara meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu juga bisa dilakukan tanpa latihan fisik yang berat, namun dengan mencukupi konsumsi vitamin dan nutrisi. Asupan bergizi yang dibutuhkan tubuh ini bisa diperoleh dari makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, susu, dan daging.

4. Olahraga Renang
Seperti diketahui, renang merupakan salah satu olahraga yang sangat efektif untuk meningkatkan tinggi badan seseorang. Ketika berenang, semua otot tubuh akan bergerak merata dan seimbang yang meregangkan tulang belakang untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan.

5. Bersepeda
Cara meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu selanjutnya adalah dengan rutin bersepeda. Namun ketika bersepeda perlu diperhatikan posisi duduk dan postur tubuh dengan cara menyesuaikan tinggi badan dengan tinggi sepeda. Gerakan otot kaki ketika bersepeda akan menstimulasi tulang-tulang lainnya untuk terus bertumbuh.

6. Bermain Basket
Bermain basket akan melibatkan banyak gerakan pada tubuh, seperti melompat dan meregangkan tubuh yang dapat memperkuat otot dan tulang tubuh. Olahraga ini juga dapat memperbaiki postur tubuh dan melatih otot punggung serta bahu untuk tetap kuat.

7. Lakukan Peregangan Rutin
Cara meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu paling sederhana adalah dengan rutin melakukan peregangan yang benar pada tubuh. Kegiatan ini dapat membuat tubuh lebih fleksibel dan membantu pertumbuhan tinggi pada tubuh.

8. Latihan Yoga
Yoga adalah sebuah kegiatan menggerakkan semua bagian tubuh untuk memperkuat otot, meluruskan tulang dan memperbaiki postur tubuh. Biasanya dengan rutin latihan yoga dapat meluruskan tubuh sehingga terlihat lebih tinggi.

9. Olahraga Lompat Tali
Cara meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu selanjutnya adalah dengan melakukan lompat tali. Rutin 15 menit setiap hari melakukan lompat tali diyakini bisa menambah tinggi badan seseorang dengan cepat.

10. Latihan Bergelantung
Latihan bergelantung juga membantu seseorang dalam melakukan pull up. Aktivitas ini bisa dilakukan di rumah, namun harus memastikan tempat bergelantung cukup kuat untuk menopang bobot tubuh agar tidak terjatuh.

Sebagai catatan, pertumbuhan tinggi setiap orang berbeda-beda. Pada pria, pertumbuhan tinggi badan akan dimulai sekitar usia 10-15 tahun, sedangkan pada wanita akan dimulai kisaran umur 8-13 tahun.

Masa pertumbuhan ini nantinya akan berlangsung selama 2-5 tahun ke depan. Tapi bukan satu hal yang tidak mungkin tinggi badan masih akan bertambah melebihi usia perkiraan masa pertumbuhan tersebut.

Nah tadi itu beberapa cara meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu yang bisa kamu coba lakukan secara rutin. Memang selalu ada risiko target tidak tercapai, namun jangan menyerah ya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Cara Meninggikan Badan 15 Cm dalam 1 Minggu"