Hagia Sophia

03 June 2023

Bercinta Saat Haid? Ini Kata Dokter Obgyn

Ilustrasi bercinta (Foto: ilustrasi/thinkstock)

Viral di Twitter terkait pemakaian flex menstrual disc untuk berhubungan seks saat menstruasi. Hal ini berawal dari pengalaman yang dibagikan oleh salah satu pengguna Twitter yang menggunakan alat tersebut untuk bercinta saat haid.

"Akhirnya nyobain berhubungan seksual saat menstruasi pakai Flex menstrual disc. Ternyata aman, gak ganggu aktivitas seksual sama sekali, bahkan gak 'berasa'. Ternyata menstrual disc efektif jadi barrier supaya darah gak luber kemana-mana," cuit salah satu netizen, seperti dilihat detikcom Sabtu (3/6/2023).

Tak sedikit netizen yang turut memberikan tanggapan. Beberapa dari mereka ada yang percaya bahwa penggunaan alat tersebut bisa menjadi solusi untuk berhubungan seks saat menstruasi. Namun, ada juga yang mengingatkan soal dampak risikonya.

Dampak Bercinta saat Haid

Menanggapi hal itu, spesialis obgyn dr Dinda Derdameisya, SpOG mewanti-wanti pasangan sebaiknya tak melakukan seks saat masa menstruasi. Hal ini dikarenakan ostium atau lubang serviks sedang terbuka saat haid, sehingga berisiko masuknya kuman sampai menyebabkan infeksi.

Ia juga menyebut, berhubungan intim saat menstruasi lebih banyak risiko yang didapat daripada manfaatnya. Adapun salah satu penyakit yang bisa terjadi seperti endometriosis, kondisi saat jaringan yang mirip dengan lapisan rahim mulai tumbuh di tempat lain, seperti ovarium dan tuba falopi.

"Tapi balik lagi sebaiknya higienitasnya atau kebersihannya itu dijaga benar, karena dengan masuknya menstrual disk, sudah pasti risiko infeksi meningkat, ditambah lagi aktivitas seksual yang dapat meningkatkan risiko infeksi, jadi kalau misalnya memilih berhubungan seks dengan menstrual ada baiknya diperhatikan higienitasnya," jelas dia saat dihubungi detikcom Sabtu (3/6).

Terkait alat flex menstrual disc, menurut dr Dinda bukanlah pilihan untuk dipakai berhubungan intim saat haid, melainkan lebih menjaga aliran darah wanita agar tak berceceran.

Senada, dokter spesialis kandungan dan ginekologi, dr Julita Nainggolan SpoG, mengungkapkan alat ini bekerja sebagai penghalang dengan menutup sementara area vagina atas sehingga darah tertampung sementara. Ketika digunakan saat berhubungan badan, alat ini dapat menghalangi sperma agar tidak masuk ke area tersebut.

Memang, menggunakan flex menstrual disc membuat penggunanya tetap bisa berhubungan seksual saat menstruasi, tetapi ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

"Hubungan seksual saat sedang haid memang tidak disarankan, selain karena kotor sehingga dapat memicu infeksi juga dapat menyebabkan regurgitasi atau aliran balik darah ke rongga panggul, hal ini merupakan salah satu teori yang cukup kuat pada terjadinya kista endometriosis atau kista coklat yang saat ini kasusnya cukup banyak. Retrograde mens salah satu yang bisa memicu pertumbuhan endometriosis bukan pasti," jelasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kata Dokter Obgyn soal Risiko Bercinta saat Haid, Bisa Picu Penyakit Serius"