Hagia Sophia

03 June 2023

Dokter Ini Temukan Barang-barang Aneh yang Bersarang di Anus Pasiennya

Foto: Tangkapan Layar Tiktok @joshuagonzalezmd

Dokter urologi buka-bukaan soal pengalaman dirinya menangani kasus dubur sejumlah pasien tersangkut benda aneh. dr Joshua Gonzalez kerap membagikan pengalamannya di TikTok dan berakhir viral lantaran netizen dibuat tak habis pikir dengan temuannya.

Melalui video TikTok, dr Joshua membeberkan sejumlah benda yang kerap ditemui dari anus pasien, sepanjang kasus yang ia tangani selama tahun 2022.

Adapun benda asing yang ditemukan mulai dari bola biliar, sikat gigi, botol lem, spidol, tutup botol, hingga mainan anak-anak berupa roket.

Imbas video tersebut, tak sedikit netizen yang turut serta menanggapinya dengan berbagai macam komentar. Bahkan ada netizen yang meminta tenaga medis untuk membuat buku tentang pengalaman temuan benda asing di anus pasien.

"Petugas kesehatan bisa menulis buku tentang pengalaman lucu ini!" kata seorang netizen, dikutip dari New York Post (3/6/2023).

"Sebagai seseorang yang pernah bekerja di [ruang darurat]... Saya dapat memvalidasi semua ini," ucap netizen lainnya.

Sebenarnya tak jarang kasus benda asing ditemukan di dalam tubuh seseorang yang dimasukkan melalui anus. Mengambil benda yang tersangkut di rektum pertama kali dicatat dalam literatur medis pada abad ke-16. Pada kebanyakan kasus, orang memasukkan benda ke dalam dubur mereka untuk kesenangan seksual. Hal ini sebagian berkaitan dengan jumlah saraf di anus yang membuatnya sangat sensitif.

Namun, memasukkan benda ke dalam rektum bisa memicu sejumlah risiko. Selain benda yang tersangkut, ada risiko usus akan berlubang dan pasien meninggal dunia. Pasalnya, bahan dari saluran pencernaan bisa tumpah ke bagian tubuh yang lain yang menyebabkan infeksi.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Viral Temukan Sederet Benda Aneh Bersarang di Anus, Botol-Sikat Gigi"