Hagia Sophia

19 July 2023

Kisah Wanita Asal Ohio yang Masih Terlihat Bugar di Usia 101 Tahun

Foto: Elizabeth HusVar/CNBC

Seringkali bikin orang penasaran, apa sih yang bikin beberapa orang bisa hidup panjang umur? Pasalnya seringkali terdengar kisah, ada orang-orang yang berhasil bertahan hidup hingga usia mencapai lebih dari 100 tahun dengan kondisi sehat dan bugar.

Salah satunya, Jayne Burns, wanita di Ohio, Amerika Serikat. Ia sendiri tak pernah menduga bahwa usia hidupnya akan mencapai usia lebih dari 100 tahun. Bahkan di usianya tersebut, ia masih menjalani pekerjaannya dengan semangat. Juli ini, tepatnya pada tanggal 26, Burns akan menginjak usianya yang ke 101 tahun.

Hampir setiap pagi, ia menyetir dari rumahnya menuju tempat kerja. Ia bekerja sebagai pemotong kain paruh waktu di toko Joann Fabric and Crafts.

Di sana, ia telah bekerja selama 26 tahun. Memang baginya, bekerja adalah cara paling menyenangkan untuk menghabiskan waktu.

"Saya menikmati apa yang saya lakukan, jadi saya ingin terus melakukannya. Saya akan bekerja selama saya bisa atau selama mereka memiliki saya," ungkap Burns dikutip dari CNBC, Selasa (18/7/2023).

Burns mulai bekerja di toko kerajinan tersebut pada 1997. Ia memulai pekerjaannya tersebut beberapa bulan setelah suaminya, Dick, meninggal dunia. Putrinya, Donna Burns, saat itu bekerja di toko paruh waktu dan merekomendasikannya untuk bekerja. Ia berharap, pekerjaan baru bisa membantu Burns pulih dari kesedihannya pasca ditinggal oleh mendiang suami.

Sebenarnya, Burns sempat terpikir untuk pensiun ketika dirinya berusia 70-an dan 80-an. Namun ia memutuskan untuk tetap lanjut bekerja karena tidak ingin meninggalkan rutinitas bekerja dan makan siang bersama rekan-rekan kerjanya.

"Saya senang berbicara dengan semua orang yang bekerja dengan saya, dan bertemu pelanggan yang sangat baik. Bahkan jika beberapa dari mereka terkejut melihat saya bekerja di meja," bebernya.

Baginya, tidak ada rahasia untuk menjalani hidup panjang umur dan bahagia. Namun ia percaya, pekerjaannya selama ini telah berperan besar dalam menentukan kondisi bugarnya hingga usia mencapai 100 tahun.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cerita Lansia Masih Bugar dan Tetap Aktif Kerja di Usia 101 Tahun"