Hagia Sophia

19 July 2023

Waspada...Kenali Penyebab Payudara Sakit Bila Tersentuh

Foto: Getty Images/iStockphoto/stefanamer

Ketika payudara sakit, perasaan khawatir dan cemas muncul. Kondisi nyeri payudara atau dikenal dengan sebutan mastalgia ini umum terjadi pada wanita. Penyebab payudara sakit bila tersentuh pun beragam.

Jika payudara sakit bila tersentuh, jangan diabaikan. Kamu perlu mengetahui penyebabnya. Meskipun terkadang penyebab payudara sakit bila tersentuh tidak selalu serius, tetapi kamu perlu mengenalinya.

Agar selalu waspada, kenali beberapa kemungkinan penyebab payudara sakit bila tersentuh berikut ini.

Penyebab Payudara Sakit Bila Tersentuh

Sejumlah faktor bisa menjadi penyebab payudara sakit bila tersentuh. Berikut ini beberapa di antara penyebab yang mungkin mendasarinya.

1. Perubahan Hormon
Mengutip dari situs Healthline, tubuh wanita mengalami serangkaian perubahan hormon yang dipengaruhi oleh siklus menstruasi setiap bulannya. Perubahan hormon ini dapat menyebabkan munculnya nyeri pada payudara.

Sensitivitas pada payudara wanita ini dikenal dengan mastalgia siklik atau perubahan fibrokistik. Umumnya, sekitar 50 persen dari semua wanita udai 30 tahun ke atas mengalami hal ini.

2. Mastitis
Penyebab payudara sakit bila tersentuh selanjutnya adalah mastitis. Mastitis merupakan infeksi yang muncul pada jaringan payudara.

Umumnya, wanita yang sedang menyusui bisa terserang mastitis. Saluran susu yang tersumbat atau infeksi bakteri di dalam saluran dapat menyebabkan payudara terasa sakit bila tersentuh.

Mastitis tidak hanya membuat payudara terasa nyeri, tetapi juga bisa menimbulkan bengkak, gatal, hingga demam. Jika tidak ditangani dengan baik oleh ahli, mastitis dapat berkembang menjadi komplikasi.

3. Obat-obatan
Konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab payudara sakit bila tersentuh.

Sejumlah obat yang berhubungan dengan hormon bisa menimbulkan nyeri pada payudara. Hal ini terjadi akibat dari pembengkakan pada jaringan payudara.

Obat yang diresepkan untuk kondisi jantung dan kardiovaskular juga dapat menimbulkan nyeri pada payudara. Nyeri ini berasal dari dinding dada.

4. Kista Payudara
Penyebab payudara sakit bila tersentuh selanjutnya, yaitu kista pada payudara.

Kista payudara merupakan kantung cairan yang muncul di payudara. Ukuran kista bisa kecil atau besar dan bisa membengkak maupun menyusut sepanjang siklus menstruasi.

Dikutip dari Healthline, kista payudara sangat umum terjadi. Peneliti memperkirakan antara 70 hingga 90 persen wanita akan memiliki kista payudara selama hidup.

5. Abses Payudara
Komplikasi mastitis bisa menimbulkan abses payudara. Abses payudara merupakan tanda adanya infeksi jaringan pada payudara. Abses payudara bisa juga berkembang pada orang yang tidak menyusui.

5 hingga 11 persen wanita yang terserang mastitis saat menyusui kemungkinan mengalami abses payudara. Jika tidak menyusui, abses payudara bisa disebabkan oleh berat badan yang berlebih serta puting yang tertusuk.

6. Tumor Payudara
Tumor payudara bisa bersifat jinak hingga kanker. Rasa nyeri pada payudara jarang menandakan bahwa kamu memiliki tumor kanker.

Tumor payudara jinak jarang menimbulkan rasa sakit. Sedangkan tumor payudara kanker dapat menimbulkan rasa nyeri pada payudara jika sedang meradang.

7. Cedera Payudara
Cedera pada payudara bisa menjadi penyebab payudara terasa sakit bila tersentuh. Memar atau luka juga bisa terjadi pada payudara.

Latihan otot dada juga bisa menjadi penyebab payudara terasa nyeri. Jika ada kemerahan, bengkak, atau perubahan warna pada payudara, bisa jadi payudaramu sempat memar.

8. Ukuran Bra
Ukuran bra yang tidak sesuai juga bisa membuat payudaramu terasa nyeri. Bra yang terlalu ketat atau terlalu longgar dapat membuat payudara terasa tidak nyaman hingga nyeri.

Hal ini dikarenakan ukuran bra yang tidak sesuai dapat terlalu menekan payudara atau membuat payudara tidak tertopang dengan baik dan benar. Oleh karena itu, ukuran dan jenis bra harus disesuaikan dengan bentuk dan ukuran payudara.

9. Menopause
Menopause juga bisa menjadi penyebab payudara terasa nyeri bila tersentuh. Perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron menjadi penyebab umum nyeri payudara muncul selama perimenopause dan menopause.

10. Kehamilan
Pada masa kehamilan, payudara akan banyak berubah. Payudara wanita hamil tumbuh dan meregang untuk mempersiapkan menyusui setelah melahirkan.

Peningkatan aliran darah ke dada yang disebabkan oleh lonjakan hormon menjadi penyebab payudara sakit bila tersentuh ketika dalam masa kehamilan. Selain itu, payudara juga rentan mengalami pembengkakan.

11. Pubertas
Pada masa pubertas, payudara mulai berkembang. Benjolan kecil yang dikenal dengan kuncup payudara akan tumbuh di bawah puting dan areola.

Tumbuhnya payudara ini bisa menimbulkan rasa nyeri, gatal, dan kesemutan. Hal ini merupakan kondisi yang normal terjadi.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kenali 11 Penyebab Payudara Sakit Bila Tersentuh, Jangan Diabaikan!"