Hagia Sophia

19 July 2023

Kisah Viral Dokter Terkena Vitiligo Usai Konsumsi Obat Herbal

Dokter muda Salma Kyana. (Foto: Instagram @salmakyn)

Nama Salma Kyana belakangan menjadi topik hangat di jagat maya. Dokter muda cantik itu menjadi viral setelah membagikan kisahnya yang terkena vitiligo pasca mengonsumsi suplemen herbal.

Melalui video di akun TikTok @salmakyn, dia membeberkan awal mula dirinya terkena penyakit kulit tersebut. Dia mengaku mengonsumsi suplemen yang dibeli dari seorang agen multi-level marketing (MLM).

"Karena banyak yang nanya jadi aku ceritain ya kenapa aku bisa jadi vitiligo. Jadi dulu, sekitar tahun 2019 aku tuh konsumsi sebuah suplemen, suplemen itu dijual sama MLM," ujar Salma dalam video tersebut, dikutip Selasa (15/7/2023).

"Aku bukan dapat dari dokter, apoteker, atau perawat. Tapi dari orang biasa yang jadi sales agen MLM, temen aku sendiri," sambungnya.

Salma mengatakan suplemen yang dibelinya mengandung bahan herbal atau ekstrak tumbuhan. Namun berkaca dari pengalamannya, dia mengingatkan masyarakat kalau bahan alami tidak jadi jaminan obat itu aman dikonsumsi.

"Jadi... herbal tidak menjamin keamanan ya guys. Aku emang nggak sebut merek karena aku males ngelurusinnya, panjang," imbuhnya.

Salma juga mengimbau agar selalu berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis profesional lainnya sebelum mengonsumsi obat-obatan.

"Tapi aku mau share lesson to learn-nya yah. Minum obat apapun, suplemen, vitamin, itu tuh tanya dulu sama tenaga medis, tanya dulu sama dokter atau at least sama apoteker. Jangan mau deh lu minum apa-apa dari orang yang nawarin juga bukan tenaga medis, mereka nggak tau ilmunya, interaksi obat," terangnya.

Suplemen abal-abal bukanlah satu-satunya pemicu kondisi vitiligo yang dia alami. Salma menuturkan dirinya juga mengidap kelainan autoimun yang sudah menurun di keluarganya.

"Jadi aku terlahir memang dengan genetik autoimun. Om aku punya vitiligo, papa aku punya lupus," katanya.

Salma pun mengaku baru mengetahui memiliki kelainan autoimun saat pertama kali terkena vitiligo akibat mengonsumsi suplemen abal-abal tersebut.

"Nah tadi kan aku bilang, vitiligo itu juga ada faktor lingkungannya. Nah faktor lingkungan itu yang memicu si genetik tadi akhirnya muncul, bermanifestasi gejalanya. Kalau dalam kasus aku, itu karena obat MLM," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pengakuan Dokter Kena Vitiligo usai Minum Obat Herbal, Korban MLM Teman Sendiri"