Hagia Sophia

11 August 2023

Kebingungan Ilmuwan: Planet Mars Berputar Lebih Cepat Tiap Tahun

Planet Mars berputar lebih cepat. Foto: ESA/HUBBLE/NASA

Sebagai planet tetangga terdekat kita di Tata Surya, Mars selalu menjadi perhatian manusia. Mulai dari pencarian jejak air yang mungkin mengalir permukaannya, hingga pertanyaan tentang keberadaan mikroba yang menunggu ditemukan di sana.

Nah rupanya ada misteri lain, yaitu Mars ternyata berputar lebih cepat setiap tahun dan fenomena ini membuat para ilmuwan bingung. Tim peneliti mengumpulkan data dari rover InSight milik NASA dan mengungkap planet ini berputar 4 milidetik lebih cepat setiap tahun.

Jadi terkait dengan percepatan rotasi itu, maka ada sepersekian milidetik terpangkas dari hari-hari biasa di Mars setiap tahun.

Walau tak banyak, itu bisa menjadi petunjuk penting bagi evolusi planet itu dan ke mana kira-kira arahnya nanti di masa depan, seperti yang dijelaskan oleh para peneliti yang menerbitkan temuan percepatan rotasi Mars itu di jurnal sains Nature.

Seperti dikutip detikINET dari Futurism, InSight yang pertama kali mendarat di planet merah pada tahun 2018, memiliki berbagai perangkat canggih termasuk instrumen khusus yang disebut RISE (Rotation and Interior Structure Experiment), terdiri dari transponder radio dan antena.

Nah, para ilmuwan dapat menemukan terjadinya fenomena rotasi dan akselerasi planet Mars tersebut dari pengiriman sinyal radio antara RISE dan Deep Space Network NASA, yang merupakan kompleks antena radio besar di Bumi.

Adapun penyebab rotasi lebih cepat itu sejauh ini masih misterius dan para ilmuwan yang meneliti mengatakan penyelidikan lebih lanjut diperlukan. Mereka memiliki beberapa teori tentang mengapa hal itu terjadi. Mungkin saja pengumpulan es di daerah kutub menyebabkan putaran ini atau faktor lainnya.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Planet Mars Berputar Lebih Cepat, Ilmuwan Kebingungan"