Hagia Sophia

12 November 2023

Beberapa Penyakit yang Paling Banyak Menyerang Warga Palestina di Gaza

Foto: AP/Hatem Moussa

Warga Palestina tidak hanya harus melindungi diri dari serangan bertubi-tubi tentara israel. Mereka juga mulai dihantui dengan berbagai penyakit menular yang menyebar di lokasi pengungsian di Gaza, Palestina.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) melaporkan, penyakit menular seperti diare dan cacar air melonjak di Gaza. WHO juga telah memperingatkan risiko kolera dan epidemi lainnya yang semakin meningkat.

Krisis air dan sanitasi di Gaza yang rusak membuat penduduk rentan tertular penyakit. Kondisi ini semakin diperparah oleh kurangnya air minum bersih, serta polutan yang menyebar di lokasi pengungsian.

Dikutip dari Al Jazeera, berikut penyakit yang paling banyak menyerang masyarakat di Gaza, Palestina.

1. Infeksi saluran pernapasan (ISPA)
Infeksi saluran pernapasan atau ISPA, menjadi penyakit yang paling banyak menyerang warga di Gaza di tengah serangan Israel. Sejauh ini tercatat ada 54.866 kasus, dengan gejala batuk, pilek, dan sakit tenggorokan.

Penyakit pernapasan ini bahkan telah menjadi penyebab kematian paling umum keenam di Jalur Gaza sebelum pecahnya perang pada bulan lalu.

2. Diare
Air minum yang telah terkontaminasi dan sanitasi yang buruk merupakan salah satu penyebab utama penyakit diare. Lebih dari 33.551 kasus diare telah dilaporkan dengan setengahnya terjadi pada anak-anak di bawah usia lima tahun.

3. Ruam kulit
Pasokan air yang tidak memadai, menyebabkan penyakit ruam kulit di Gaza. Tidak adanya kebersihan yang layak memicu bakteri dan virus menyerang bagian kulit. Kondisi tersebut memicu kulit menjadi merah, meradang dan gatal. Total sebanyak 12.635 kasus telah dilaporkan.

4. Kudis dan kutu
Sebanyak 8.944 kasus infeksi parasit akibat kudis dan kutu telah dilaporkan di Gaza. Keduanya menyebabkan rasa gatal yang parah.

5. Cacar air
Utamanya penyakit cacar air menyerang anak-anak, tetapi juga bisa menginfeksi orang dewasa. Penyakit yang menyebabkan gatal, ruam seperti melepuh, serta demam ini. Setidaknya sudah ada 1.005 kasus telah dilaporkan di Gaza.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Penyakit yang Menghantui Warga Palestina di Tengah Serangan Israel"