Hagia Sophia

12 November 2023

Liga Inggris: Wolverhampton Kalahkan Tottenham 2-1

Foto: AP/Rui Vieira

Tottenham Hotspur kalah 1-2 di kandang Wolverhampton Wanderers. Wolves menang dramatis usai comeback berkat dua gol di menit akhir laga.

Wolves vs Tottenham pada laga lanjutan Liga Inggris tersaji di Stadion Molineux, Sabtu (11/11/2023). Tim tamu unggul cepat ketika laga baru berjalan tiga menit lewat Brennan Johnson.

Setelahnya, Wolves tampil dominan memburu gol penyama kedudukan. Wolves akhirnya bisa menyamakan kedudukan setelah Pablo Sarabia mencetak gol di menit 90+1.

Wolves secara dramatis berbalik memimpin di menit ke-90+7. Umpan Pablo Sarabia bisa disontek Mario Lemina menjadi gol.

Wolves menang 2-1. Kekalahan ini membuat Tottenham gagal menggusur Manchester City dari puncak klasemen.

Mereka berada di peringkat kedua dengan 26 angka tertinggal satu angka dari The Citizens. Sementara Wolves di urutan ke-12 dengan 15 poin.

Jalannya Pertandingan

Tottenham sudah unggul sejak menit ke-3. Umpan silang Pedro Porro dari sisi kanan dituntaskan Johnson dengan sepakan jarak dekat yang sukses membobol gawang Jose Sa.

Wolves berupaya menekan Tottenham, namun barisan belakang tim tamu begitu sulit ditembus. Setengah jam berjalan, tak ada tembakan yang membahayakan gawang Guglielmo Vicario.

Ben Davies dua kali memblok tembakan Joao Gomes di menit ke-9 dan tembakan Rayan Ait-Nouri semenit kemudian. Menit ke-12, giliran Emerson Royal yang menghalau tembakan Nelson Semedo.

Davies kembali berperan menghalau tembakan Matheus Cunha di menit ke-19 demi mengamankan gawang Tottenham. Satu peluang bersih hadir bagi Wolves lewat Mario Lemina di menit ke-33, namun tembakannya ke sudut kiri bisa dihalau Vicario.

Kiper Italia itu juga menghalau sundulan Toti Gomes di injury time untuk menutup babak pertama dengan keunggulan tim tamu 1-0.

Wolves yang memburu gol penyama kedudukan mengambil inisiatif di babak kedua. Matheus Cunha punya peluang saat menerima umpan tarik dari Rayan Ait-Nouri. Namun, sepakannya masih melebar.

Wolves terus mengurung lini pertahanan tamunya.The Lilywhites tampil disiplin membendung serangan tuan rumah. Hal ini membuat Wolves kesulitan menciptakan peluang berbahaya meski menguasai laga.

Tottenham justru sempat mencuri peluang lewat serangan balik. Brennan Johnson tak terkawal. Ia tapi terburu-buru melepas tembakan hingga bola tidak mengarah ke gawang.

Wolves terus mengurung pertahanan Tottenham di sisa laga. Usaha tak kenal lelah mereka membuah hasil di menit akhir laga.

Umpan Cunha dari sisi kiri menemui Pablo Sarabia yang menusuk ke kotak penalti. Sepakan keras Sarabia tak kuasa dibendung oleh Vicario.

Skor berubah 1-1 di menit ke-90+1. Ketika laga sepertinya berakhir dengan imbang, Wolves secara dramatis mencetak gol kemenangan di akhir laga.

Sarabia kembali jadi otak gol Wolves. Umpannya dari sisi kanan bisa disontek Mario Lemina yang bebas dari perangkap offside menjadi gol.

Susunan Pemain

Wolverhampton Wanderers: Jose Sa, Nelson Semedo, Max Kilman, Craig Dawson, Toti Gomes, Jeanricner Bellegarde, Mario Lemina, Joao Gomes, Rayan Ait-Nouri, Hwang Hee-chan, Matheus Cunha.

Tottenham Hotspur: Guglielmo Vicario, Emerson Royal, Ben Davies, Eric Dier, Pedro Porro, Pape Matar Sarr, Pierre-Emile Hojbjerg, Yves Bissouma, Brennan Johnson, Son Heung-Min, Dejan Kulusevski.




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Wolves Vs Tottenham: The Lilywhites Kalah 1-2 Akibat Gol Menit Akhir"