Hagia Sophia

12 November 2023

Musuh Nomor Satu Orang Diet Bukan Nasi Putih

Ade Rai. (Foto: 20detik)

Banyak orang percaya, nasi putih adalah 'musuh' orang diet. Nasi putih disebut-sebut bikin gendut, sehingga ditakuti oleh orang-orang yang sedang berupaya menurunkan berat badan. Padahal faktanya, orang yang sedang diet pun masih boleh makan nasi putih lho.

Menurut binaragawan Ade Rai, pada dasarnya ada banyak faktor yang membuat seseorang kelebihan berat badan. Untuk menurunkan berat badan pun, ada sejumlah langkah yang bisa diupayakan. Artinya, seseorang tetap bisa menurunkan berat badan sembari tetap mengkonsumsi nasi putih, asalkan menjalankan upaya-upaya diet lainnya.

"Strategi menurunkan berat badan ada 5 aturan, contohnya. Aturan pertama misalnya puasa. Aturan kedua karbonya dikontrol. Aturan ketiga prioritas protein. Aturan keempat bijaksana dengan pilihan lemak, dan aturan kelima adalah rajin aktivitas olahraga, latihan beban, sama cardio exercise saat perut kosong," ujarnya kepada detikcom, Rabu (8/11/2023).

"Kalau seandainya kita melakukan nomor satu, tiga, empat, lima, kita lakukan tapi nggak melakukan nomor dua, kira-kira berat badannya turun nggak? Pasti turun," imbuh Ade Rai.

Bukan Nasi yang Bikin Gendut, tapi...

Lebih lanjut Ade Rai menjelaskan, alih-alih membatasi asupan nasi putih, makan seperti gorengan dan makanan-minuman manis lebih perlu dihindari oleh orang-orang yang berupaya menurunkan berat badan. Bagaimana pun, nasi juga menyehatkan dan asupan karbohidrat diperlukan.

"Saya mengatur pola perilaku saya dengan saya puasa, saya mengontrol karbo, saya prioritas protein, saya rajin olahraga, memungkinkan saya makan nasi, padahal berat badan saya turun. Memungkinkan saya masih bisa makan nasi dong kalau saya rajin olahraga," tuturnya.

"Nasi putih itu jadi musuh kalau kebanyakan. Jadi musuh nomor satu menurut saya adalah minyak goreng sama gula pasir, bukan nasi putih," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bukan Nasi Putih, Ini Musuh Nomor Satu Orang Diet Kata Ade Rai"