Hagia Sophia

12 November 2023

Mengenal Zinc Sulfate Monohydrate, Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya

Foto: iStock

Dikutip melalui Jurnal Medika Hutama, zinc adalah mikronutrien esensial dan merupakan elemen kedua terbanyak yang didistribusikan oleh tubuh selain zat besi. Zinc tersedia dalam berbagai bentuk, salah satunya zinc sulfate monohydrate. Zinc sulfate monohydrate lebih dikenal dengan sebutan zinc sulfate. Kira-kira zinc sulfate monohydrate obat apa ya?

Zinc sulfate monohydrate termasuk dalam kategori obat bebas terbatas, penggunaannya harus berdasarkan pada informasi yang ada di kemasan obat. Zinc sulfate monohydrate adalah obat yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa dengan dosis yang sesuai.

Sebelum tahu zinc sulfate monohydrate obat apa, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu zinc sulfate monohydrate, manfaatnya, dosisnya, dan efek samping penggunaannya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Zinc Sulfate Monohydrate?

Dikutip melalui American Elements, zinc sulfate monohydrate adalah sumber zinc yang cukup larut dalam air dan asam untuk penggunaan yang kompatibel dengan sulfat. Zinc sulfate monohydrate adalah obat yang bisa digunakan dalam mengobati, mengatasi, dan mencegah kekurangan zinc dalam tubuh.

Zinc sulfate monohydrate terbagi dalam beberapa bentuk. seperti tablet effervescent (larut di air), tablet, kaplet, sirup, dan kapsul. Zinc adalah mineral yang memiliki peran penting bagi tubuh manusia.

Zinc atau seng terlibat dalam sejumlah metabolisme protein, karbohidrat, lemak, asam nukleat, energi, dan menjadi elemen penting dalam proses pembentukan jaringan. Zinc berperan penting dalam pertumbuhan jaringan, sintesis DNA dan RNA, penyembuhan luka, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan kematangan seksual serta reproduksi.

Dikutip melalui buku berjudul Nutrisi Parenteral (2022), defisiensi zinc umumnya terjadi pada anak-anak yang mendapatkan nutrisi parenteral jangka panjang, dan meningkatkan adanya risiko stunting, ruam kulit, serta infeksi.

Gejala defisiensi zinc ditandai dengan tidak adanya nafsu makan, diare, berat badan mengalami penurunan, muncul ruam di kulit, dan rambut rontok. Pada anak-anak, defisiensi zinc dikaitkan dengan gangguan penyerapan, pola pemberian makan, gangguan metabolisme, dan genetik.

Manfaat Zinc Sulfate Monohydrate

Berikut ini manfaat dari mengonsumsi zinc yang dikutip melalui laman Healthline.

1. Meningkatkan Imun Tubuh
Zinc memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan melawan peradangan. Zinc juga bertindak sebagai antioksidan, mengurangi peradangan, melindungi tubuh dari kondisi kronis seperti, kanker, diabetes, dan jantung.

2. Mengontrol Gula Darah
Zinc atau seng memiliki peranan yang penting dalam mengontrol gula darah dan sekresi insulin. Insulin adalah hormon yang bertugas mengangkut gula dari darah ke jaringan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zinc mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh untuk tetap stabil.

3. Membantu Melawan Jerawat
Suplemen zinc atau seng sering digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengobati kulit berjerawat. Zinc sulfate terbukti berguna dalam mengurangi gejala jerawat ringan sampai sedang.

Orang dengan jerawat, cenderung memiliki kadar seng yang rendah dalam tubuh, sehingga mengonsumsi suplemen zinc dapat mengurangi benjolan inflamasi.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Penyakit jantung merupakan kondisi kesehatan yang serius. Pasalnya, penyakit jantung menyebabkan kematian 33% orang di dunia. Mengonsumsi zinc dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar trigliserida serta kolesterol.

5. Memperlambat Degenerasi Makula
Degenerasi makula adalah penurunan kemampuan penglihatan yang disebabkan oleh bertambahnya usia. Suplemen zinc dipercaya dapat memperlambat perkembangan degenerasi makula dan membantu melindungi dari kebutaan.

Dosis Zinc Sulfate Monohydrate

Dosis untuk zinc sulfate monohydrate biasanya akan ditentukan oleh dokter berdasarkan pada kondisi dan usia dari pasien.

Dosis Zinc Sulfate Monohydrate untuk Diare
Dikutip melalui buku berjudul Farmakologi: Obat Pada Saluran Cerna (2023), zinc diberikan selama 10 hari berturut-turut dan tetap diberikan, meskipun diare sudah berhenti.

1. Dosis untuk Anak-anak
  • Anak-anak kurang dari 6 bulan: 10 mg (1/2 tablet) per hari
  • Anak-anak lebih dari 6 bulan: 20 mg (1 tablet) per hari.
2. Dosis untuk Orang Dewasa
Untuk orang dewasa, dosis yang dianjurkan adalah 20 mg per hari, dikonsumsi selama 10 sampai 14 atau disesuaikan dengan anjuran dokter. Dosis maksimal yang bisa dikonsumsi orang dewasa yakni 50 g per harinya. Obat ini dikonsumsi sesudah makan.

Dosis Zinc Sulfate Monohydrate untuk Mengatasi Defisiensi Zinc
1. Dosis untuk Anak-anak
  • Anak-anak usia 1 sampai 8 tahun: 5-10 mg per harinya
  • Anak-anak usia 9 sampai 13 tahun: 10-20 mg per harinya.
Dosis yang dianjurkan sesuaikan dengan anjuran dokter. Obat ini dapat dikonsumsi sesudah makan.

2. Dosisi untuk Orang Dewasa
Untuk orang dewasa, dosis yang dianjurkan adalah 40 mg per harinya, atau disesuaikan dengan anjuran dokter. Dosis maksimal yang dapat dikonsumsi yakni 50 mg per hari. Obat ini bisa dikonsumsi sesudah makan.

Efek Samping Penggunaan Zinc

Zinc sulfate monohydrate mempunyai efek samping yang ringan. Efek samping umumnya jarang terjadi apabila mengonsumi sesuai dari anjuran dokter. Berikut ini efek samping yang bisa timbul setelah mengonsumsi obat zinc sulfate monohydrate.
  1. Pusing
  2. Badan lemas
  3. Mengalami gangguan pencernaan
  4. Mual dan muntah
  5. Sakit perut atau diare.
Selain efek samping di atas, mengonsumsi zinc sulfate monohydrate dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Reaksi alergi ini akan memunculkan beberapa gejala seperti:
  1. Ruam pada kulit
  2. Gatal-gatal
  3. Sesak napas.
Jika kamu mengalami beberapa efek samping di atas, ada baiknya segera periksakan diri kamu ke dokter terdekat, sehingga segera mendapatkan penanganan.

Melalui penjelasan di atas, ada beberapa kesimpulan yang bisa ditarik. Seperti zinc sulfate monohydrate obat apa? Zinc sulfate monohydrate adalah obat untuk mengatasi dan mengurangi defisiensi zinc.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Zinc Sulfate Monohydrate Obat Apa? Begini Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya"