Hagia Sophia

17 November 2023

Hari Vasektomi dan Prematur Sedunia Diperingati Setiap Tanggal 17 November

17 November 2023 memperingati Hari Vasektomi dan Hari Prematur Sedunia. (Foto: Fria Sumitro/detikSumut)

Tanggal 17 November 2023 memperingati beberapa momen yang sangat penting. Di tanggal ini, masyarakat di Amerika Serikat memperingati bermacam-macam momen, seperti Hari Unfriend Nasional, Hari Jaden Nasional, Hari Mendaki Nasional dan lain sebagainya. Tak kalah, negara lain seperti Inggris dan Selandia Baru juga punya perayaan penting di tanggal ini, seperti Hari 'Children in Need' dan Hari Jadi Canterburry.

Pada skala global, 17 November 2023 juga menjadi hari peringatan yang penting, khususnya bagi bidang kesehatan. Ada dua momen internasional yang diperingati, yakni Hari Prematur Sedunia dan Hari Vasektomi Sedunia.

Hari Prematur Sedunia

Hari Prematur Sedunia atau World Prematurity Day diperingati pada 17 November setiap tahunnya. Sesuai namanya, peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia terhadap beban dan tantangan yang dihadapi oleh bayi yang lahir prematur beserta keluarganya.

Dikutip dari National Today, Hari Prematur Sedunia pertama kali dicanangkan pada 17 November 2011. Namun, ide peringatan kesadaran tentang prematur sudah digagas oleh European Foundation for the Care of Newborn Infants (EFCNI) sejak 2008.

Adapun yang melandasi ide Hari Prematur Sedunia adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan risiko bayi yang lahir prematur. Sebab, bayi prematur rentan mengalami masalah kesehatan seperti cerebral palsy, gangguan tumbuh kembang, hingga gangguan pendengaran dan penglihatan. Tak hanya itu, lahir prematur juga menjadi salah satu faktor risiko kematian neonatal.

Di sisi lain, kelahiran prematur juga menyulitkan keluarga si bayi baik secara tenaga maupun finansial demi memberikan penanganan yang terbaik. Guna mengedukasi risiko dan komplikasi kelahiran prematur, serta meningkatkan simpati masyarakat terhadap keluarga bayi prematur, maka dicanangkanlah Hari Prematur Sedunia.

Tahun ini, Hari Prematur Sedunia mengangkat tema 'Small actions: BIG IMPACT: Immediate skin-to-skin care for baby everywhere'. Tema ini memberi penekanan akan pentingnya kontak kulit ke kulit (skin-to-skin) bagi bayi, khususnya bayi prematur.

Hari Vasektomi Sedunia

Tanggal 17 November 2023 juga diperingati sebagai Hari Vasektomi Sedunia. Momen ini diperingati setiap hari Jumat minggu ketiga November, dan di tahun ini, peringatan tersebut jatuh pada 17 November.

Dikutip dari Cleveland Clinic, vasektomi adalah salat satu prosedur kontrasepsi untuk pria. Vasektomi dilakukan dengan cara memutus saluran sperma dari testis. Alhasil, air mani tidak lagi mengandung sperma sehingga mencegah terjadinya kehamilan.

Dikutip dari laman resmi World Vasectomy Day (WVD), Hari Vasektomi Sedunia diprakarsai oleh pembuat film asal Amerika Serikat, Jonathan Stack, pada 2012. Gagasan itu tercetus saat Stack sedang mengerjakan film dokumentasi tentang vasektomi.

Tujuan Hari Vasektomi Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran kaum pria akan peran mereka dalam mewujudkan keluarga berencana. Sebab, kendali tentang kehamilan dan kelahiran tidak hanya ada di tangan wanita tapi juga pria. Maka dari itu, Hari Vasektomi Sedunia mengingatkan para pria bahwa mereka juga bisa berkontribusi terhadap keluarga berencana dengan melakukan vasektomi.

Menariknya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Vasektomi Sedunia pada 2015. Momen peringatan tersebut dilakukan di Bali dan melayani 7.350 akseptor yang melibatlan 42 negara dan 639 dokter.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "17 November Memperingati Hari Apa? Ada Hari Vasektomi dan Prematur Sedunia"